Keamanan Digital, Orang Tua Harus Dampingi Anak

354

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ( Kemenkominfo RI ) bersama Siberkreasi kembali menggelar Webinar Literasi Digital Nasional wilayah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis ( 01/07 ) siang secara Virtual melalui Zoom Meeting.

Salah satu narasumber Diana Aziz menjelaskan tentang pentingnya belajar keamanan Digital. Keamanan digital adalah kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, mengimbang dan meningkatkan kesadaran anak kecil dalam kehidupan sehari – hari.

Menurutnya, anak -anak harus diberikan motivasi untuk bertanya jika mereka ragu terhadap suatu hal. Dalam hal ini orang tua harus punya waktu untuk anak-anak.

” Setelah kita bercerita dan memberikan edukasi kepada anak -anak kemudian bersama-sama kita membuat semacam ikrar atau sertifikat yang ditandatangani satu keluarga misalnya satu keluarga harus menjaga rahasia keluarga jangan sampai keluar, jika salah satu membocorkan berarti dia melanggar kemudian diberikan sanksi dan sanksi tersebut sudah diberikan penjelasan sebelumnya,” ujarnya.

Webinar yang bertema “Mempersiapkan Generasi Penerus dengan Literasi Digital” ini dipandu oleh moderator Rio Brahma dan menghadirkan empat orang narasumber yaitu Diana Azis – Mafindo, tentang Mengenalkan Budaya Indonesia melalui Literasi Digital, M. Pazri seorang Advokat membahas mengenai Bebas namun terbatas : Berekspresi di media sosial, Ni Putu Dwi Verayanti Utami – Enterpreneur Founder and CEO of @publicspeakingbali, membahas tentang Cara Berinteraksi dan Berkolaborasi sesuai Etika dan Yuda Ekaristono seorang Desain Grafis, Content Creator, Jurnalis www.kanalkalimantan.com, tentang Positif Kreatif dan Aman di Internet.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar