Ketua TP PKK Desa se-Kabupaten Banjar Ikuti Peningkatan Kapasitas

BANJARBARU,- Tim Penggerak PKK berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Peningkatan Kapasitas Kader PKK Desa se-Kabupaten Banjar, di Hotel Novotel Banjarbaru, Senin (12/8/2024) pagi.

Kegiatan dibuka Ketua Bidang IV Hj Rini Agustinah didampingi Ketua Bidang I Wiwiek Anggeraini dan dihadiri seluruh Ketua TP PKK desa se-Kabupaten Banjar.


Menghadirkan 2 narasumber pusat dari Balai Pemerintahan Desa Yogyakarta yang memberikan materi tentang bagaimana integrasi perencanaan penganggaran program PKK dengan pembangunan desa dan teknik komunikasi serta penyuluhan.

Kepada awak media, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat dan Sosial Dasar DPMD Banjar Farida Ariyati menyampaikan, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan peningkatan kapasitas perpokja baik pokja I, II, III dan IV setiap desa.

“Dilaksanakan pada semester I lalu dan untuk semester II tahun ini kita melaksanakan peningkatan kapasitas khusus untuk Ketua TP PKK desa,” ujarnya.

Lebih jauh Farida menuturkan, jumlah peserta yang ikut kegiatan sebanyak 277. Kegiatan tersebut menurutnya bertujuan memberikan kemampuan kepada peserta dalam merencanakan dan mengintegrasikan anggaran PKK dengan pembangunan desa.


“Jadi memang sebagian persen dana desa harus ada kegiatan PKK juga bagaimana teknik penyuluhan kepada kader dan masyarakat desanya masing-masing,” jelasnya.

Selain mengisi pretest soal-soal secara umum, para peserta diharapkan Farida dapat membuat PPT mengenai profil PKK desanya masing-masing.

“Kalau dulu kita fokuskan ke pokja tetapi untuk peningkatan kedua ini lebih ke managerial. Nantinya akan ada penyampaian atau praktik bagaimana terkait peningkatan yang baru saja dilakukan mengenai profil TP PKK desanya,” tandasnya.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Bupati Saidi Mansyur Resmikan Gedung Baru TK/TPA Tilawati Raudhatul Anwar

Pemkab Banjar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Wabup Habib Idrus Al Habsyi Hadir Bersama Zuriat Kesultanan Banjar di Haul Sultan Adam