Banjar Berduka, Mantan Bupati Banjar KH. Khalilurrahman Tutup Usia

655

MARTAPURA,- Kota Martapura khususnya Kabupaten Banjar pada umumnya  kembali berduka, salah satu tokoh ulama kharismatik yang pernah menjabat Bupati Banjar periode 2016 – 2021 H. Khalilurrahman wafat di kediamannya,  Jalan Perwira No 55 RT 07/RW 02 Desa Tanjung Rema Kecamatan Martapura, Minggu ( 25 / 07 ) pagi.

Putera H. Salim Ma’ruf tersebut wafat pada usia tahun 75 tahun ,  Minggu jam 9.45 Wita. Tampak ribuan jamaah saling bergantian bertakziah di rumah kediaman beliau, diantaranya para tokoh ulama, pejabat, santri dan guru ponpes Darussalam hingga masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir  kepada tokoh ulama yang disegani dan dikagumi oleh seluruh lapisan masyarakat tersebut.

Menurut keluarga, H Khalilurrahman sudah sejak beberapa hari sebelum kepulangan nya menderita sakit. Beliau meminta tidak dibawa ke rumah sakit,  cukup dirawat dirumah saja. Dikabarkan beliau setahun lalu sempat berobat ke Surabaya karena menderita sakit  paru paru.

” Saat hari raya Idul Adha kemarin kondisi beliau masih bugar masih bisa berkumpul bersama keluarga dan  bersilaturahmi menerima tamu, baru sejak Kamis kemarin kondisi nya mulai tidak fit dan dirawat secara intensif di rumah,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Banjar H. Saidi Mansyur mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian salah satu putera terbaik daerah dan berharap segala amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan bagi keluarga yang ditinggalkan  diberikan kesabaran dan ketabahan.

” Saya atas nama Pemerintah Daerah,  Keluarga dan masyarakat mengucapkan turut berduka cita sedalam dalamnya atas kepulangan H Khalilurrahman bin H Salim Ma’ruf. Di kepimpinan beliau sebagai Bupati Banjar periode 2016- 2021 saya telah banyak belajar masalah kepemimpinan baik selaku pimpinan daerah maupun selalu kepala keluarga. Beliau telah banyak berjasa memajukan pembangunan di Kabupaten Banjar. Semoga segala amal  perbuatan yang telah beliau lakukan selama memimpin daerah kita diganjar pahala oleh Allah SWT,”  ucapnya.

Seperti diketahui kiprah H Khalilurrahman bermula ketika  menjadi ketua PC Nahdatul Ulama Kabupaten Banjar berlanjut menjadi ketua MUI Banjar, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Ketua Nadzir Masjid Agung Alkaramah Martapura . Selain itu di dunia politik beliau juga pernah menjadi anggota DPRD Banjar dan DPR RI.

Guru Kholil begitu H. Khalilurrahman disapa di salatkan di masjid Al Karamah Martapura ba”da Salat Ashar dan dikebumikan setelah salat Ashar di Komplek kubah ayah beliau H. Salim Ma’ Ruf Desa Pekauman Dalam RT 02 Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Reporter : Fuad
Editor : Ronny Lattar