Banjir Menyurut, Relawan Bersihkan Perumahan Guru

558

MARTAPURA,-  Hujan deras yang mengguyur kota Martapura dan sekitarnya sejak pukul 15.00 Wita sampai saat ini, membuat beberapa kawasan tergenang, salah satunya kawasan jalan Guntung Alaban Komplek Perumahan Guru Kelurahan Sungai Paring, Kabupaten Banjar.

Hingga saat ini, Kamis (11/11/2021) malam, warga setempat nampak sibuk membersihkan sisa genangan air yang ada di dalam rumah.

Pembersihan pasca banjir tersebut Tim dari Relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) ikut serta membantu warga yang rumahnya masih tergenang dengan mesin pompa yang mereka miliki.

Arif salah satu relawan BPK dari Permata Biru menuturkan tim bergerak cepat saat salah seorang warga meminta bantuan, dengan sigap rekan rekan BPK turun ke lapangan.

“Dari rekan BPK yang hadir Pendidikan Bersatu, Segaf, Permata Biru, Hero dan dibantu BPBD,”ucapnya.

Sementara Dian pemilik rumah menjelaskan daerah ini memang sering terjadi banjir jika hujan lebat. Terlebih kawasan perumahan guru Guntung Alaban berada di dataran rendah, sehingga rawan terjadi banjir. Namun banjir biasanya tidak berlangsung lama mengingat air hanya melintas.

“Sejak dulu daerah ini pasti banjir, apabila hujan deras, meski hanya sebentar,” katanya.

Berdasarkan pantauan, banjir yang merendam kawasan ini merupakan luapan air sungai yang tak jauh dari kawasan tersebut.

Saat hujan deras terjadi kedalaman air bahkan mencapai setinggi lutut orang dewasa. Hingga malam ini air sudah mulai surut dan sebagian warga membersihkan sisa sisa air serta lumpur yang terbawa arus ke rumah mereka.

Tim MC
Editor : Ronny Lattar