Bantu Pemerintah Kurangi Timbulan Sampah, Warga Diimbau Terapkan Konsep 3R

62

MARTAPURA,- Mendaur ulang sampah erat kaitannya dengan pengelolaan sampah melalui 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yaitu mengurangi, menggunakan kembali dan dilanjutkan dengan mendaur ulang sampah, karena itu sangat berpengaruh terhadap pengurangan timbulan sampah.

Hal tersebut dijelaskan Manager Admin dan Keuangan Bank Sampah Sekumpul Martapura Gusti Rahmah, pada sesi talkshow Bakisah (Bijak Kelola Sampah) di Radio Suara Banjar, Kamis (19/10/2023) pagi.


Menurut Rahmah, masyarakat sebenarnya secara tidak sengaja sudah seringkali mendaur ulang sampah, hanya saja berkemungkinan tidak tahu apakah yang dilakukan sudah termasuk daur ulang tadi.

” Di Bank Sampah Sekumpul memanfaakan sampah daur ulang ini biasanya dalam even tertentu sesuai arahan Direktur kami untuk membuat hasil karya dari hasil daur ulang tadi, untuk dijadikan gift untuk tamu di momen kegiatan tersebut.  Kemudian misal dalam sebuah kegiatan tamu anak-anak sekolah maka kami dalam satu segmen mengedukasi mereka agar bisa belajar dari bahan yang ada di Bank Sampah menjadi suatu bahan yang menarik,” ujar Rahmah.

Di talkshow kali ini Rahmah juga membawa contoh produk jadi hasil dari daur ulang sampah. Produk tersebut adalah tas yang dibuat dari bungkus plastik atau permen serta souvenir gantungan kunci.

Mendampingi Rahmah, juga hadir staf dari Bank Sampah Sekumpul Nadia Dira Angelica, yang baru bergabung sejak Januari 2023. Ia mengungkapkan ketertarikan ikut mengabdi di Bank Sampah Sekumpul selain dilatar belakangi sebagai pegiat lingkungan juga karena ingin banyak lebih tau lagi tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar.


Di kesempatan talkshow ini Rahmah dan Nadia mengimbau masyarakat agar konsep 3 R sudah mulai diterapkan, tidak menambah limbah sampah yang baru contohnya bisa dengan metode isi ulang pada botol parfum agar tidak menambah tumpukan sampah baru. Kemudian kreatif membuat daur ulang sampah menjadi produk yang bermanfaat, serta bijak dalam mengelola sampah dengan pilah sampah dari rumah untuk membantu pemerintah dalam mengurangi timbulan sampah.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra