Berita

Bermitra Dengan Pemerintah, Forum Anak Sebagai Wadah Inspirasi

 

MARTAPURA,- Forum Anak Kabupaten Banjar  merupakan wadah atau tempat partisipasi anak dan anggotanya adalah anak-anak yang berusia dibawah 18 tahun dari berbagai kalangan. Contohnya ada anak yang berkebutuhan khusus dan anak berhadapan hukum, sehingga forum anak ini benar benar menjadi tempat untuk mereka menyalurkan inspirasi.

Hal ini dijelaskan Wakil Ketua Forum Anak Kabupaten Banjar Zaini Aripin disesi dialog Televisi Kementerian Kominfo RI GPR Tv, secara tapping di Command Center Manis, Selasa (07/02/2023) siang.

Zaini menambahkan, forum anak menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak. Forum anak ini dibentuk berjenjang dari kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

“Ini semua tak lepas dari forum anak sebagai 2P pelopor dan pelapor, jadi sudah semestinya forum anak menyampaikan permasalahan anak kepada dinas terkait yaitu Dinsos P2AP3KB Kabupaten Banjar,” ujarnya.

 

Forum Anak juga mengedukasi anak-anak untuk menjadi pelapor atau melaporkan hak-hak mereka melalui perumusan suara anak yang nantinya suara tersebut akan disusun, kemudian diajukan untuk menjadi suara anak di provinsi.

“Setelah itu provinsi akan mengusahakan agar suara anak dari provinsi yang bersangkutan bisa menjadi suara anak nasional,” ucapnya.

Zaini mengharapkan keberadaan Forum Anak Kabupaten Banjar dapat terus berinovasi di Kabupaten Banjar dalam upaya pemenuhan hak anak serta menjadi salah satu poin ketika pemerintah daerah menentukan sebuah kebijakan.

 

 

Reporter : Akhmad Effendy

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Bupati Banjar Terima Kunjungan Dirjen Kemendikbud

Bupati Banjar Lantik Dua Pambakal PAW

Radio Suara Banjar

Tim Gabungan BPBD Banjar Tangani Karhutla di Desa Cintapuri dan Penggalaman

Radio Suara Banjar