Poktan Lebah Madu Kembangkan Varietas Buah Semangka bersama PT BBP dan PT MAS

191

Martapura, – Menjadi Primadona Baru, PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS) Menggandeng Kelompok Tani (Poktan) Lebah Madu dalam Pengembangan Pertanian Lokal Semangka, di Desa Pematang Danau, Dusun Sungai Bokor, Kabupaten Banjar, Senin (6/2/2023) sore.

Kelompok Lebah Madu mengembangkan varietas baru buah Semangka, yang didukung langsung oleh PT BBP dan PT MAS memajukan varietas unggul di Kabupaten Banjar.

Salah satu petani Rohim yang juga Ketua Poktan Lebah Madu ikut dalam program Farmer Field Schools (FFS) yang diinisiasi oleh PT BBP dan PT MAS dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya pada bidang pertanian ini antusias mengembangkan varietas baru buah semangka.

Terlihat dari antusias tersebut, Rohim membersihkan lahan seluas 1 hektare dengan bantuan alat hand tracktor guna mempercepat proses penanaman buah semangka.

Semangka menjadi komoditi pilihan Rohim dan kelompoknya, “karena lebih menguntungkan dari sisi modal padat karya dan cepatnya panen. Perubahan iklim uang menjadi isu utama dimana berpengaruh terhadap siklus tanaman,” ucap Rohim.

Diungkapkan Rohim, Semangka banyak diminati terutama saat bulan Ramadhan. Perhitungan kami, ini akan mencapai masa panen pada April 2023. Sehingga ini moment yang pas untuk kami memulai menanam hingga panen.

“Dukungan PT BBP dan PT MAS tentu saja sebagai pemantik kami, dalam mengembangkan Semangka ini hingga berkelanjutan dan bisa diputar lagi nanti hasilnya untuk pengembangan komoditas lainnya,” ungkap dia.

Public Relations PT BBP dan PT MAS, Nor Qomariyah mengatakan, inisiasi yang dibangun untuk support pertanian merupakan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) agar masyarakat lebih mandiri secara penghidupan.

”Apa yang kami lakukan merupakan bentuk apresiasi kerja keras petani yang luar biasa. Arahnya adalah nanti mampu secara sustainable, lebih mandiri, dan lebih inovatif dalam pengembangan pertanian, khususnya di Sungai Bokor Desa Pematang Danau,” jelas Nor.

Sementara itu, BPP kecamatan Mataraman dan P4S Patra Mandiri menjelaskan bahwa ini merupakan sinergi yang baik semua pihak dengan tujuan yang sama untuk pertanian yang lebih baik.

Perlu diketahui, saat ini harga Semangka melonjak naik dengan harga umum Rp 7.000,- hingga Rp 9.000,-, sehingga ini bisa menjadi peluang baru, khususnya di Kalimantan Selatan.

Selain memberikan bantuan untuk pengembangan budidaya Semangka, PT BBP dan PT MAS juga memberikan bantuan untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam pengembangan demplot sayuran seluas 1.200m2.

Aspiah, Ketua Kelompok berharap bantuan ini akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas dan berkesinambungan hingga ke depan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Manajemen PT BBP dan PT MAS, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Mataraman, P4S Patra Mandiri, Kepala Desa Pematang Danau, Poktan Lebah Madu sebanyak 30 anggota menerima penyerahan insentif untuk pengembangan program pertanian Semangka dan juga sayuran untuk menunjang nutrisi keluarga.

 

Reporter : Zidane

Rilis : Andre 

Uploader : Hendra