Biasakan Pola Hidup Sehat, GEMARIKAN Menyasar Ibu-Ibu Desa Mangkauk

308

MARTAPURA,- Dalam rangka Peringatan Hari Ikan Nasional ke 7 tahun 2020,  kegiatan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ) digelar di Balai Desa Mangkauk Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Selasa (17/11) pagi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah didampingi Kepala Dinas Perikanan  Banjar Riza Dhauly, memberi masukannya tentang pentingnya makan ikan dalam upaya peningkatan imunitas tubuh, melawan covid-19 serta pencegahan stunting.

Dihadapan para ibu rumah tangga Hj Raudathul Wardyiah menghimbau agar membiasakan  anak-anaknya makan ikan karena diketahui bahwa ikan memiliki protein tinggi, sehingga gizi seimbang anak bisa terpenuhi, dan bisa menjadi anak yang cerdas serta berbudi luhur.

” Mari biasakan makan ikan yang tinggi protein agar terpenuhi gizi yang seimbang dalam tubuh , juga makan ikan bisa meningkatkan imun tubuh sehingga aman dari penularan covid 19 dan stunting,” ajaknya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Banjar Riza Dhauly juga mengajak warga yang hadir  agar mengubah kebiasaan makan ibu ibu dan anak dengan gemar makan ikan .

” Ibu merupakan madrasah bagi anak anaknya, suri tauladan yang baik, masa depan anak dengan fisik yang menunjang dan tubuh sehat merupakan kewajiban dari seorang ibu untuk memperkenalkan gemar makan ikan dan membiasakan pola hidup sehat,” harapnya .

Hari Ikan Nasional sendiri diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang memilik gizi protein tinggi . Selain itu peringatan ini juga sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang dapat dimanfaatkan secara optimal.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar