Bupati Banjar Lepas Kirab Santri

277

MARTAPURA,- Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyie melepas peserta kirab santri, dihalaman kantornya, Sabtu (22/10/2022) malam.

Sebanyak 8 (delapan) pondok pesantren dari Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru ambil bagian dalam event tahunan tersebut, dengan menampilkan berbagai atribut, kreasi miniatur seperti masjid, al quran, perahu, busana muslim daur ulang hingga drumband. 

Disaksikan penonton disepanjang jalan yang dilewati, santri dan santriwati peserta kirab tak henti hentinya menyanyikan yel yel, salawat serta lagu kebesaran NU Hizbul Wathan. Adapun rute yang ditempuh peserta Jalan Ahmad Yani, Sasaran, Pangeran Abdurrahman, Pangerah Hidayatullah hingga finish kembali kehalaman Pemkab Banjar.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, kegiatan peringatan hari santri tahun ini, diawali dengan apel bersama pada pagi harinya, berlanjut dengan pembukaan peringatan, pembukaan expo santri dan kirab santri.      

“ Kegiatan hari ini kita maknai untuk perjuangan para ulama dan para santri yang dimasanya yang juga ikut memerdekakan republik ini,”

Saidi Mansyur juga berharap kepada para santri untuk terus berkarya dan berinovasi untuk mengisi kemerdekaan.

“ Mudahan-mudahan dengan kegiatan ini, rasa kebersamaan para santri para ulama pemerintah daerah TNI/Polri bisa membangun bangsa dan daerah ini lebih baik lagi,” tutupnya.

Peringatan hari santri nasional tahun 2022 ini berlangsung hingga 25 Oktober mendatang, terpusat di Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, dengan expo 15 stand perwakilan pondok pesantren. 

Salah seorang penonton Nadirah, warga Martapura mengaku cukup terhibur dengan kirab yang disaksikan bersama kedua anaknya.

“ Alhamdulillah malam ini cuaca cukup bagus, ngga hujan seperti sore tadi, jadi bisa ngajak anak-anak,” ucapnya.

Kirab santri ini di ikuti santri dan santriwati dari 8 ponpes, masing-masing dari Kabupaten Banjar Ponpes Hidayatullah, Attahmidiyah, Darussalam, Mi’rajul Ulum, Iqdamul Ulum, Puteri Al Amin, Attahiriyah, dan satu dari Kota Banjarbaru Ponpes Darul Ilmi.  

Reporter : Ronny
Editor : Ronny Lattar