Calendar of Event 2024 Kabupaten Banjar Diluncurkan, Ini Agendanya

117

BANJARBARU,- Sebagai salah satu upaya mempromosikan budaya dan destinasi pariwisata di Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) luncurkan Calendar of Event (CoE) 2024, sekaligus pemutaran Film Pariwisata Kabupaten Banjar di Cinepolis Q Mall Banjarbaru, Kamis (21/12/2023) pagi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri, para kepala SKPD, sutradara, para pemain film serta sejumlah undangan.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menyambut baik atas peluncuran CoE dan pemutaran film pariwisata yang diprakarsai oleh Disbudporapar. Ia berharap upaya tersebut dapat meningkatkan promosi bidang kebudayaan dan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Banjar.

“Alhamdulilah upaya dari Disbudporapar ini juga tercantum dalam visi misi pak Bupati yang berusaha meningkatkan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19. Salah satunya yang kita rasakan adanya perputaran ekonomi dan pertumbuhan kebudayaan seperti festival pasar terapung Lok Baintan dan wisata religius,” ungkapnya.

Nurgita berharap CoE ini tidak hanya dapat  dipromosikan hanya melalui media televisi maupun film saja, tetapi diri sendiri yang membantu perputaran roda ekonomi, mengokohkan kebudayaan dan pariwisata  di daerah.

“Masyarakat sendirilah yang sadar akan potensi wisata dan budaya daerah dan mampu mengangkat kearifan lokal sehingga bisa dikenal secara luas dan akhirnya kita warga Kabupaten Banjar mampu berbangga diri akan hasilnya,” harapnya.

Sementara itu Plt Kadisbudporapar Banjar Riza Rusady menerangkan, bahwa peluncuran CoE ini merupakan agenda tahunan dan bertujuan menyampaikan dan mempromosikan berbagai macam even yang akan digelar Disbudporapar.

Diantaranya :

-Januari = Haul Abah Guru Sekumpul

-Maret  = Festival Bacatuk Dauh

-Mei = Expo Ekraf

-Juni = Pemilihan Nanang Galuh Intan

-Juli = Pawai Hijriah Tahun Baru Islam

-Agustus = Banjar Expo,  Festival Baayun Maulid, Festival Budaya Banjar, Banjar Bersalawat.

-Oktober = Peringatan Hari Santri dan Festival Pasar Terapung Lok Baintan.

 

Reporter : Fuad Rivan

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra