Cegah Banjir, Warga Gotong Royong Bersihkan Drainase

305

MARTAPURA,- Selalu tergenang banjir ketika turun hujan, usai salat tarawih, warga Pasayangan Laut, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, secara gotong royong bersihkan drainase yang ada di Jalan Pangeran Abdurrahman, tepatnya di dekat perempatan Pondok Pesantren Darussalam, Selasa ( 27/04 ) malam.

Dengan peralatan seadanya, warga tampak bahu membahu membersihkan drainase yang tersumbat tumpukan sampah plastik, dan menimba lumpur berwarna hitam pekat tersebut ke tepi jalan untuk dibuang ketempat yang aman.

Tersumbatnya saluran drainase ini menyebabkan saluran menjadi dangkal, dan air hujan tidak bisa mengalir hingga meluber naik ke badan jalan dan menyebabkan warga setempat sedikit kesulitan dalam melakukan aktivitasnya.

Ketua RW setempat Elgowi yang juga ikut dalam gotong royong tersebut mengatakan, Genangan air yang terjadi dilokasi ini acap kali terjadi apalagi jika saat musim hujan. Untuk tahun ini genangan banjir terjadi sejak bulan November 2020 lalu hingga bulan April 2021 ini tak kunjung kering. Untuk itulah warga berinisiatif untuk melakukan pembersihan drainase, agar air hujan bisa megalir lancar.

“ sudah setengah tahun belum kering juga, jenuh saya melihatnya, padahal ini jalan vital, jalan ini juga dipakai para santri Darussalam yang melintas, kasihan warga dan santri kalau terus begini, ‘” ujarnya.

Untuk itu ia dan warga setempat sangat berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah untuk bisa mengatasi permasalahan jalan ini, agar tidak tergenang lagi jika hujan terjadi.

Reporter : Ronny Lattar
Editor : Ronny Lattar