Pahami Jenisnya Sebelum Dipilah

97

MARTAPURA,- Sangat penting bagi masyarakat mengenal jenis-jenis sampah karena dengan mengenal jenisnya di situlah terkait upaya memberikan pemahaman tentang pilah sampah, karena sebelum melakukan pilah sampah maka harus mengenal dulu jenis-jenis sampah.

Hal ini dikatakan Direktur Bank Sampah Sekumpul Martapura Dewi Heldayati, di sesi talk show Bijak Kelola Sampah (Bakisah), di Radio Suara Banjar, Martapura,  Kamis (6/4/2023) pagi.

 

Dewi menjelaskan tentang jenis sampah plastik dan kertas agar masyarakat lebih peduli dan mengetahui juga dampak yang ditimbulkannya.

Ia juga menyoroti pola hidup salah yang membudaya dengan membuang sampah plastik ke sungai, padahal itu menjadi salah satu penyebab banjir beberapa waktu lalu, selain dampak lainnya bisa mengakibatkan kualitas ikan yang ada akan tidak baik bahkan mengalami kematian dan merugikan masyarakat.


“Jika memang alasan masyarakat itu membuang sampah terutama plastik tadi ke sungai karena tak adanya lahan di tempatnya, bisa mulai sekarang disetiap desa sudah ada TPS atau bisa berkoordinasi dengan aparat desa setempat. Intinya tinggalkan kebiasaan membuang sampah plastik kesungai, karena agak aneh sebenarnya pas banjir masyarakat si pelaku tadi kalang kabut padahal dia sendiri penyebabnya,” ungkap Dewi.

Terkait jenis sampah kertas Dewi menilai banyak pemahaman yang salah di masyarakat yang mengklasifikasikan sampah menjadi sampah kering dan sampah basah.

 

“Kemudian sampah kertas masih bisa kita manfaatkan paling tidak dipilah, kumpulin bawa ke Bank Sampah, nah itu sudah satu solusi kita dapatkan, termasuk kardus juga masuk di kategori ini, bekas buku, cover, dan itu bisa juga dipilah dan berikan kepada pemulung hitung – hitung berbagi untuk tambahan pendapatan mereka,” ajak Dewi.

 

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis sampah yang lain yang akan dibahas di pertemuan selanjutnya namun karena plastik dan kertas termasuk yang dihadapi di keseharian menjadikan jenis ini dipilih menjadi tema talk show kali ini.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra