Dispersip Kalsel Bina 50 Perpustakaan di Kabupaten Banjar

112

MARTAPURA,- Keberadaan perpustakaan tidak hanya mencerdaskan akan tetapi juga untuk kesejahteraan masyarakat. Peran perpustakaan sangat vital dan di akui oleh pemerintah pusat dengan mengetengahkan berbagai program yang intens dan serius dalam mengembangkan perpustakaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Wildan Akhyar saat menghadiri kegiatan pembinaan terhadap pengelola perpustakaan se Kabupaten Banjar, di Aula Demang Lehman Dispersip Banjar, Senin, (22/5/2023) pagi.

Dihadapan 50 pengelola perpustakaan se Kabupaten Banjar Wildan meminta agar perpustakaan yang dikelola kedepannya lebih baik lagi, terutama dalam hal perbaikan infrastruktur dan pengelolaan yang profesional, hingga membuat masyarakat semakin berminat ke perpustakaan, yang pada akhirnya perpustakaan bersangkutan siap untuk diakreditasi.

“ Jika perpustakaan kita bagus, mantap, diharapkan perpustakaan yang kita kelola tambah banyak pengunjungnya, dan pastinya identik dengan kenaikan minat baca,” harapnya.

Sementara Kepala Dispersip Kabupaten Banjar Topik Norman Hidayat yang membuka kegiatan mengatakan hal senada dengan Wildan. Menurutnya perpustakan bukan hanya tempat untuk membaca akan tetapi sebagai tempat pembinaan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Ia berharap peserta bisa mendapatkan ilmu yang baik dari para pakar perpustakaan berkompeten yang dihadirkan.

“ Terima kasih kepada Dispersip Kalsel yang memberikan pembinaan hari ini di Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa baru-baru ini salah satu perpustakaan di Kabupaten Banjar, yakni SMK Darussalam terpilih sebagai perpustakaan terbaik II se Kalsel, dan hendaknya bisa menjadi contoh dan motivasi bagi perpustakaan lainnya.


Selain Wildan Akhyar, narasumber lainnya yang memberikan materinya H Muhammad dan Abdillah Dosen luar biasa UIN Antasari Banjarmasin yang juga sebagai anggota Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Banjarmasin.

Reporter : M Andri
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra