DPKP Banjar Evakuasi Ular Piton 4 Meter, Pemilik Rumah Menyesal

108

MARTAPURA TIMUR,- Tiga personel dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar berhasil menangkap ular piton sepanjang 4 meter, di samping rumah warga di Jalan Kertak Baru RT 02, Desa Pekauman Dalam, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar Rabu (19/2/2024) malam.

Ipul (39) pemilik rumah mengatakan, keberadaan ular tersebut sejak awal sudah diketahui keberadaannya di samping rumah oleh salah satu anaknya, namun dirinya tak percaya dan mengatakan bahwa itu bukan ular.

Karena penasaran, Ipul memastikannya dengan membuka pintu. Ternyata ular tersebut benar adanya dan sudah berada di teras rumah.

“Kami lagi berabahan (Red = tiduran) ketika hari hujan, anak yang lihat ular itu dari lubang,” ujarnya.


Ular piton itu sebenarnya lanjut Ipul sudah tiga kali ia lihat berada disamping rumah, namun karena tidak mengganggu dan tidak naik ke dalam rumah ular pun dibiarkan. Akan tetapi kali ini ular tersebut naik ke teras rumah, dan akhirnya ditombak sebelum petugas DPKP Banjar tiba.

“Iya ularnya luka, aku tombak supaya tidak ke mana-mana, menyesal aku menombak, bini (Red=istri) lagi batianan pang (Red = hamil),” ucap Ipul.

Kepala DPKP Kabupaten Banjar Agus Siswanto melalui personelnya Sayuti mengatakan, evakuasi ular agak sulit dilakukan karena disamping rumah adalah rawa dan berair. Namun evakuasi tetap dilakukan dan sekitar pukul 20.00 Wita, ular berhasil diamankan.

“Ular ini kita amankan dulu, dan sebelum dilepas liarkan ke habitatnya kita rawat dulu lukanya,” ucap Sayuti.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra