Edukasi Tentang PAUD Holistik Integratif, Ini Harapan Nurgita Tiyas

232

MARTAPURA,- Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas lakukan silaturrahmi sekaligus menjalankan tugasnya sebagai Bunda PAUD dalam memberikan pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI), di aula PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura, Rabu (21/9/2022) pagi.

Dalam kunjungannya tersebut Nurgita Tiyas membuka kegiatan Parenting dan Paguyuban kelas orang tua PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura tahun 2022 tahap II dalam pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pencegahan dan Penurunan Stunting serta Psikologi.

Menurutnya, hal ini mungkin tidak asing lagi dalam dunia akademisi atau dunia pendidikan, PAUD HI yaitu Holistik Integratif sekarang mempunyai 8 indikator.

” Besar harapan saya PAUD Terpadu Pertiwi sebagai PAUD Negeri memberikan contoh terbaik, secara akreditasi, secara penerapan pola asuh di sekolah, secara penerapan kurikulum belajar PAUD kemudian juga pemenuhan data peserta didik di laman Dapodik, ini merupakan elemen indikator PAUD HI,” ujarnya.

Ditambahkan, ada 10 penetapan sekolah PAUD yang mendapatkan kegiatan UKS dari 277 desa dan sudah terealisasi 1 desa 1 PAUD bahkan lebih.

“PAUD Terpadu Negeri Pertiwi salahsatunya yang mendapatkan keberuntungan untuk pertama kali juga mendapat bantuan UKS, perlu kita syukuri,” tambah Ibu Gita sapaan akrabnya.

Kepada para orang tua, Nurgita juga berpesan untuk tulus dalam menemani anak-anak.

” Tuluslah dalam menemani anak-anak kita, pola asuh di rumah harus sama dengan pola asuh di sekolah, jangan sampai berbeda, itu lah sebabnya ada program UKS ini,” pesannya.

Dalam kesempatan ini diserahkan permainan edukatif oleh Bunda PAUD Kecamatan Martapura kepada Plt Kepala PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura Erma Susanti. Sementara narasumber kegiatan Renita, seorang psikolog yang menjelaskan tentang pola asuh anak, dan Sri Marta Yohana, ahli gizi dari Puskesmas Martapura 2 tentang pemenuhan gizi seimbang untuk anak usia dini.

Turut hadir Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Hj Nane Andriadne, perwakilan Kepala SKPD Banjar terkait, Pengawas TK Kecamatan Martapura, dewan guru, para orang tua peserta didik paguyuban Assalam dan sejumlah undangan.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar