Empat Kafilah Banjar Cabang Khattil Quran Berjuang di Final

79

 

 

 

BANJARBARU,- 4 kafilah Kabupaten Banjar cabang Musabaqah Khattil Quran (MKQ) yakni golongan naskah putra, naskah putri, hiasan mushaf putra, dan kontemporer putra masuki babak final, di Gedung Olahraga (GOR) Rudy Resnawan, Banjarbaru, Rabu (26/7/2023) pagi.

 

Jazuli, selaku pelatih sekaligus pendamping menyampaikan beberapa perbedaan dari golongan tersebut terutama dari segi bahan dan bentuk hasil karyanya. Dikatakan, untuk naskah lebih menonjolkan tulisan dan yang dinilai adalah kaidah murni tidak ada unsur lain.

Sedangkan hiasan mushaf lebih menampilkan wajah mushaf atau sampul Al-Quran. Sementara golongan kontemporer arahnya lebih ke seni lukis dengan menampilkan huruf yang dimodifikasi sedemikian rupa bisa bersifat figural, ekspresionis ataupun gabungan antara keduanya.

 

Lebih lanjut, ia menuturkan, waktu yang diberikan kepada peserta untuk menampilkan karya terbaiknya berdurasi 8 jam, dari pukul 8 pagi hingga 4 sore waktu setempat. Menurutnya lawan terberat saat ini selain Kota Banjarbaru selaku tuan rumah juga dari berbagai daerah lainnya seperti Kota Banjarmasin, Kabupaten Tabalong dan Balangan.

“Mengingat peserta yang pernah juara pada MTQ sebelumnya juga ikut pada tahun ini, semoga dari 4 golongan cabang MKQ tersebut 2 golongan diantaranya dapat menjuarai MTQN ke XXXIV tingkat Kalsel ini,” harapnya.

 

 

Husnul Mujahidi salah satu peserta golongan hiasan mushaf putra menyebut berbagai persiapan telah dilakukan baik dari pelatihan secara intensif maupun mengikuti Training Center (TC) yang diberikan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Banjar di Islamic Center, Martapura.

 

 

“Ada beberapa teman yang mengikuti TC ke luar daerah khusus di bidang masing-masing untuk mendalami teknik pembuatan cepat hingga hasil karya yang bagus tanpa ada kesalahan,” sambungnya.

Pria asal Cindai Alus, Martapura Kabupaten Banjar tersebut sebelumnya cukup banyak meraih prestasi di MTQ cabang MKQ, diantaranya terbaik II di Kabupaten Kotabaru, terbaik III di Tanah Bumbu dan terbaik III di Tabalong.

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra