Empati Disabilitas, 100 Pelajar Ikuti Kegiatan SETARA

341

MARTAPURA,- Setelah sukses dilaksanakan pada semester pertama Januari lalu, kali ini Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DinsosP3AP2KB) bekerjasama dengan Forum Anak Daerah Kabupaten Banjar kembali menggelar kegiatan SETARA (Semua Tau Bahasa Isyarat) di Aula Kantor DinsosP3AP2KB, Martapura, Selasa (12/7/2022) siang.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan SETARA.

Dikatakan, konsep berpikir dalam berkomunikasi bukanlah orang yang bisa membaca sekedar membaca, tapi dalam konsep berkomunikasi yang mampu berdiri di tengah khalayak ramai untuk memberikan energi positif.

” Agar dapat menguasai satu situasi, audiens dapat menyerap, memetik dan mengambil benang merah apa yang ia sampaikan dan artikulasi jelas,” jelasnya.

Menurutnya, kemampuan berkomunikasi seseorang bukan hanya melalui bahasa yang dikeluarkan dari suara, tapi juga dari bahasa verbal dan juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Kabid P3A DinsosP3AP2KB Kabupaten Banjar Merilu Ripner mengatakan, kegiatan SETARA ini dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 72 sekaligus peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 yang bertujuan untuk memberikan edukasi.

” Berusaha memberikan edukasi kepada anak-anak SMA dan SMP khususnya, agar bisa berkomunikasi dan memupuk rasa empati kepada kawan-kawan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Kegiatan SETARA kali ini diikuti 100 peserta terdiri dari perwakilan 20 SMA 20 SMP sederajat yang ada di Kecamatan Martapura, Martapura Timur, Martapura Barat dan Forum Anak Daerah Kabupaten Banjar.

Sementara narasumber kegiatan adalah Khairunnisa dari Forum Anak Daerah Kalsel dan dari Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Banjarmasin, serta satu orang translater.

Turut hadir pada kegiatan ini kepala DinsosP3AP2KB Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah serta perwakilan Disdik Banjar.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar