Festival Bacatuk Dauh Dimulai, Pemkab Banjar Siapkan Hadiah 38 Juta 

144

 

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar kembali menggelar Festival Becatuk Dauh 1444 H/2023, di halaman Kantor Disbudparpora, Senin (20/03/2023) pagi.

 

 

Festival ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie.

Habib Idrus mendukung penuh festival becatuk dauh karena sebagian besar pesertanya dari kalangan generasi muda, sehingga sangat positif sebagai ajang atau wadah kreativitas bagi generasi muda untuk mengaktualisasikan bakat dan keterampilannya.

“Tentunya hal ini juga merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk melestarikan kebudayaan, terutama ritus keagamaan dalam rangka mendukung misi kelima Pemkab Banjar, khususnya pada pencapaian sasaran berkembangnya budaya Banjar dan budaya religius yang mencerminkan karakter dan kepribadian luhur masyarakat Banjar,” ungkapnya.

 

Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar Haris Rifani mengatakan, bahwa festival becatuk dauh merupakan agenda rutin dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 144 H.

“Kegiatan festival ini juga merupakan bagian dari prioritas daerah berupa penguatan karakter dan kehidupan masyarakat agamis, dengan sub prioritas penyelenggaraan event keagamaan dan kebudayaan,” pungkasnya.

Festival becatuk dauh 1444 H digelar dari 20-23 Maret 2023, di halaman Kantor Disbudporapar, sementara babak final malam 21 Ramadan di halaman Kantor Bupati Banjar. Festival diikuti 28 grup, memperebutkan piala bergilir dengan total hadiah 38 juta rupiah.

 

 

Reporter : Fuad Rivan

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Baca Juga:  Saidi Mansyur : Akan Terus Evaluasi Gelar Kota Layak Pemuda