Gitaku Manis Akan Segera Road Show Bina Masyarakat

483

MARTAPURA,- Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas pimpin Rapat Koodinasi Gerakan Bina Masyarakat Desa Berkualitas dan Unggul (GITAKU MANIS), di Mahligai Sultan Adam Martapura Rabu (8/6/2022) pagi.

Hj Nurgita Tiyas mengatakan, gerakan bina masyarakat desa bukan merupakan gerakan yang baru saja didengar tapi sudah jauh hari dipersiapkan tahun 2021.

“Sekarang adalah tahapan mengintegrasikan kegiatan GITAKU 10 program pokok PKK, dimana 10 program pokok itu sebenarnya masing-masing dinas terkait dengan Pokja 1 sampai Pokja 4 yang ada di TP PKK,”ucapnya.

Menurutnya, Pokja 1 merupakan penguatan pengamalan pancasila yang merupakan ketahanan keluarga, Pokja 2 dalam hal Bidang Pendidikan dan Keterampilan maka diharapkan dapat mengedukasi seluruh lapisan masyarakat dan lapisan usia, Pokja 3 dengan bidang Ketahanan Pangan dan Pertanian yaitu penguatan ekonomi keluarga dan Pokja 4 Kesehatan masyarakat dari semua lapisan usia.

Ditambahkan, kecamatan bertugas untuk menyiapkan, mengakomodir dan menentukan lokasi serta tamu undangan yang berhadir dan desa mana yang mau dibina, rekomendasi dari kecamatan serta alasan dan tujuannya, apakah perlu desa tersebut menjadi prioritas segera dibina dibanding desa lainnya.

“Targetnya 227 desa, kalaupun tidak semua paling tidak dalam satu kecamatan tidak hanya satu desa yang kami datangi, maka berpeluang satu kecamatan bisa dua sampai tiga kali didatangi,”

Dikatakan, pembinaan tidak cukup hanya sekali, tahun 2022 digunakan untuk datang ke desa untuk mengevaluasi bagaimana kualitas masyarakat desa, maka tahun 2023 sudah menjadikan solusi.

Rapat koordinasi ini diisi dengan pemaparan dari para camat, diskusi, arahan dari Ketua TP PKK serta pembahasan mengenai pembiayaan dan mekanisme kegiatan.

Rapat menjadi 2 sesi, sesi pertama diikuti seluruh camat dan sesi kedua diikuti seluruh Kepala SKPD Banjar.

Adapun lokasi pertama yang akan dilakasanakan Road Show Gitaku Manis di Kecamatan Sungai Tabuk 14 Juni dan 15 Juni 2022 di Kecamatan Kertak Hanyar.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar