Saidi Mansyur Lepas JCH Kabupaten Banjar

363

MARTAPURA,- Ibadah haji tahun ini terasa berbeda dari ibadah haji tahun sebelumnya, karena ini merupakan ibadah haji yang tertunda pelaksanaannya selama 2 tahun, akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia, termasuk di Arab Saudi yang merupakan tempat pelaksanaan rangkaian seluruh ibadah haji.

Hal tersebut di katakan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat Pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Banjar Tahun 2022, di Masjid Nurul Iman, Indrasari Martapura, Rabu (08/06/2022) pagi.

Jumlah JCH dari Kabupaten Banjar tahun ini sebanyak 223 dari jumlah asal 414 orang. Pengurangan ini karena ada kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang membatasi usia JCH yang bisa berangkat yaitu 65 tahun.

” Bapak Ibu yang hari ini berkumpul di tempat ini merupakan JCH yang memenuhi persyaratan untuk pemberangkatan tahun ini,” ucapnya.

Saidi juga mendoakan kepada JCH agar diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji dan menjadi haji yang mabrur.

“ Ulun (saya) do’akan semoga pian sebarataan (semuanya) semoga dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar, diberi kesehatan dan ke’afiatan, dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan mudah, mulai dari pemberangkatan, selama berada ditanah suci, sampai kembali ke tanah air. Dan semoga pian-pian mendapatkan haji yang mabrur,“ ungkapnya.

Kepala Kemenag Banjar H Najwan Noor menambahkan, bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan bimbingan terbaik terhadap jemaah dari keberangkatan hingga kembali ke tanah air.

Kuota calon haji untuk Kalimantan Selatan sebanyak 1.723 orang dan untuk JCH Kabupaten Banjar sebanyak 223 orang.

Dalam acara ini juga diserahkan bingkisan kepada JCH tertua, atas Syahran Muhri Sidik (64 tahun) dari desa Pematang Baru, Kecamatan Martapura Timur. sementara JCH termuda Saudah Asnawi Anang (20 tahun) dari Desa Astambul serta ketua rombongan Muhammad Abduh.

Pelepasan JCH ini juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, Asisten Perekonomian Pembangunan Ikhwansyah, Forkopimda Banjar, Pimpinan Bank Kalsel KC Martapura dan Pimpinan BSI KC Martapura.

Reporter : Melda
Editor : Ronny Lattar