Gandeng Baznas, Pemkab Banjar Bantu Beasiswa Warganya Belajar di Timur Tengah

84

MARTAPURA,- Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan secara simbolis bantuan beasiswa pendidikan luar negeri atau ke Timur Tengah dengan tujuan Hadramaut, Yaman dan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, di Mahligai Sultan Adam lantai I, Martapura Senin (25/9/2023) pagi.

H Saidi Mansyur mengatakan, Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banjar memberikan bantuan pendidikan sebesar 600 juta rupiah kepada 12 orang.

Ia berharap bantuan beasiswa tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.


” Semoga beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan baik, dapat belajar dengan baik dan lancar sehingga sekembalinya mereka dari luar negeri dapat mengisi pembangunan di Kabupaten Banjar dengan ilmu yang dipelajari,” harap Saidi.

 

Sementara Ketua BAZNAS Kabupaten Banjar Nuryadi menjelaskan, pihaknya telah menyeleksi beberapa orang lulusan SMA/Madrasah Aliyah di Kabupaten Banjar untuk mendapat beasiswa dari Pemda ke luar negeri yang telah diterima di beberapa lembaga pendidikan Timur Tengah.

” Lembaga pendidikan di Timur-Tengah antara lain Darul Musthofa Tarim Hadramaut Yaman dan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir sebanyak 12 orang terdiri dari 8 orang yang baru berangkat dan 4 orang sudah berada di luar negeri,” jelas Nuryadi.


Nuryadi mengungkapkan 8 orang penerima beasiswa tersebut akan berangkat pada bulan Oktober 2023 masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar 60 juta rupiah. Sedangkan 4 orang lainnya yang masih dalam proses belajar mendapatkan beasiswa bervariasi sesuai dengan lamanya pendidikan yaitu telah belajar 1 tahun dan 3 tahun sebesar 45 juta dan 25 juta rupiah.

” Yang mendapatkan bisa serius dalam belajar dan memanfaatkan beasiswa tersebut dengan baik. Setelah lulus nanti berkomitmen kembali ke daerah untuk memberikan kontribusi ilmu pengetahuannya,” tutup Nuryadi.

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra