Hari Kontrasepsi Sedunia, Kabupaten Banjar Raih Dua Penghargaan Nasional

109

BANJARBARU,- Kabupaten Banjar raih penghargaan sebagai peringkat 1 capaian pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan peringkat 1 capaian pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP) terbanyak kabupaten/kota pada kegiatan pekan pelayanan KB serentak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka hari kontrasepsi sedunia tahun 2023, tanggal 26 September-9 Oktober 2023.

Piagam Penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie yang diserahkan oleh Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Ramlan dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kalsel Nurul Fajar Desira.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut saat dibukanya Rapat Penelaahan (Reviu) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalsel Tahun 2023, di Hotel Grand Qin, Banjarbaru Rabu (18/10/2023) pagi.


Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso yang membuka rapat mengatakan, rapat akan membahas 2 isu utama yaitu program Bangga Kencana dan upaya percepatan penurunan stunting di Provinsi Kalsel. Kepada pemerintah kabupaten/kota di Kalsel ia juga sampaikan apreasiasinya atas capaian peserta KB baru yang tinggi.

” Peserta KB baru di Kalsel pada tanggal 26 September – 4 Oktober 2023 mendapatkan rangking ke-4 nasional,” katanya.

Pihaknya menargetkan, secara nasional sebesar 1,4 juta peserta KB baik baru maupun lama, dalam kurun waktu tersebut capaian 1,7 juta sehingga secara nasional capaiannya 114 persen tetapi untuk provinsi Kalsel mencapai 153 persen.

” Capaian tersebut bukan hanya kerja dari BKKBN RI tetapi kerja dari perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel berkoordinasi dengan seluruh OPD KB dan para kader,” tutupnya

 

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra