Haul Akbar 214 Pangeran Syarif Husein, Bupati Doakan Banjar Dijauhkan Dari Bala Bencana

484

KARANG INTAN,- Haul Akbar  Pangeran Syarif  Husein bin Awwad Bahasyim ke 214 dihadiri ribuan jemaah dari berbagai  pelosok daerah di Kabupaten Banjar,  terutama keluarga besar Bahasyim se Kalimantan Selatan dan para muhibbin pencari berkah wali, di desa Lihung Kecamatan Karang Intan, Minggu (20/11/2022) siang.

Tak ketinggalan juga Bupati Banjar H Saidi Mansyur beserta wakilnya Habib Idrus Al Habsyie, anggota DPRD RI Komisi III Pangeran Khairul Saleh, juriat keluarga Bahasyim, Bani Arsyadi dan keluarga Kesultanan Banjar.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur ucapkan selamat datang kepada seluruh jemaah yang hadir dan turut mendoakan agar seluruh hajat terkabul serta selalu dalam lindungan Allah SWT.

” Semoga dengan silaturahmi  kita semua hari ini, berkat hadir di haul aulia Allah, kita semua dijauhkan dari bala bencana, terutama daerah kita Kabupaten Banjar, aamiin,” ucapnya.

Dikatakannya, pemerintah daerah akan selalu mendukung segala kegiatan haul, majelis taklim dan sebagainya, untuk mensyiarkan dan membesarkan agama Allah di bumi Kalimantan.

” Terutama kegiatan para juriyat nabi seperti yang dilakukan keluarga besar Bahasyim di daerah Karang Intan ini. Semoga mendapat keberkahan dan kebaikan bagi kita semua aamiin,” harap Saidi .

Sementara itu dalam manaqib Syarif Husein bin Awwad Bahasyim yang dibacakan Habib Umar bin Hasan Bahasyim, bahwa marga Bahasyim awal mulanya bermula dari pamannya Al Faqih Al Muqaddam Muhamad, yakni imam Alwi bin Muhammad Sahib Mirbath atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ammul Faqih.

” Bermula dari pamannya Al Faqih Al Muqaddam imam Alwi bin Muhammad. Imam Alwi ini mempunyai empat orang anak yakni Abdullah, Ahmad, Abdul Malik dan Abdurrahman,” jelasnya.

Dari Abdurrahman inilah lanjutnya, kemudian keluarlah banyak kabilah Bani Alawi yang berasal dari jalur Ammul Faqih seperti Maula Aidid, Bafaqih, Bahasyim, Bin Thohir yang masuk dalam keturunan Ammul Faqih.

Haul akbar tersebut menghadirkan penceramah yakni rektor  IAI DALWA Bangil Jatim,  Habib Segaf bin Hasan Baharun. Dimana beliau menerangkan tentang hadits Rasulullah yaitu ” Aku tinggalkan kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selama kamu berpegang dengan kedua duanya yaitu Alquran dan Ahlul bait ku”.

” Rasulullah memerintahkan umatnya agar mengikuti Alquran dan Ahlul bait nya. Menyempurnakan kecintaan kita pada Rasul dengan mencintai keturunan beliau. Karena sesungguhnya mereka berasal dari keturunan yang suci dimuka bumi ini, dipandang dari segi keturunan, kedudukan dan kebanggaan nya,” pungkasnya.

Reporter : Fuad Rivan 
Editor : Ronny Lattar