HBP 59, Puluhan Duta Besar, MenkumHAM dan WBP Olahraga Bersama

98

JAKARTA,- Pekan Olahraga Pemasyarakatan dalam memperingati rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 bertemakan “National Inmates Sports Day” resmi dibuka Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MenkumHAM) RI, Yasonna H Laoly, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan yang terpusat Lapas Narkotika Kelas IIA Cipinang ini sekaligus sebagai pembuka seluruh rangkaian kegiatan  peringatan HBP Ke-59, yang turut dihadiri 43 duta besar negara sahabat.

 

Puluhan duta besar tersebut diantaranya, Duta Besar Negara Mesir, Venezuela, U.E.A, Saudi Arabia, Qatar, Tunisia, Thailand, Ukraina, Kroasia, Korea Utara, Seychelles, Nigeria, Hungaria, Armenia, Marocco, Italy, Kenya, South Africa, pakistan, Dominika, Nederland, Singapore,  Sudan, Jerman dan Mozambique.


Yasonna berharap, para undangan dapat menikmati permainan dalam suasana akrab, termasuk dengan Warga Binaan Pemasyarakan (WBP).

“Kita juga dapat menunjukkan, bahwa WBP adalah sabahat, saudara kita yang memiliki kesempatan untuk kembali menjadi masyarakat yang baik, berkualitas, taat hukum, dan tidak mengulangi tindak pidana lagi, selaras dengan tujuan dari sistem pemasyarakatan,” ungkapnya.

 

Dikatakannya, WBP wajib diperlakukan sebagai manusia yang memiliki hak asasi yang sama seperti manusia lainnya, meskipun mereka memiliki keterbatasan di balik dinding dan jeruji besi.


Yasonna juga mengapresiasi seluruh jajaran Pemasyarakatan yang telah menginisiasi dan mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan ini.

 

“Pemasyarakataan tidak mungkin dapat bekerja sendiri, tentu kami memerlukan support dari stakeholders, terutama Bapak/Ibu yang hadir saat ini, para duta besar negara sahabat, dan mitra kerja kami baik dalam maupun luar negeri. Sekali lagi terima kasih atas kolaborasi erat yang telah terjalin selama ini,” tututupnya.

Rilis
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra