Berita

HUT Damkar ke 105, Sepanjang 2023 Tangani 13 Ribu Lebih Kebakaran  

MARTAPURA,- Dalam beberapa tahun terakhir, peran pemadam kebakaran dan penyelamatan telah menjadi krusial dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekda Banjar HM Hilman saat membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, saat apel gabungan sekaligus peringatan HUT DAMKAR ke 105 Tahun 2024, di halaman Kantor Bupati Banjar Martapura, Senin (04/03/2024) pagi.

Diungkapkan Hilman, berdasarkan Laporan Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan telah menangani sejumlah 13.485 kejadian kebakaran disepanjang 2023.

“Operasi penyelamatan non kebakaran juga juga menjadi fokus utama, sebanyak 24.741 operasi dilakukan pada tahun yang sama,” ungkap Hilman.


Himan mengatakan, Kementerian Dalam Negeri telah berkomitmen untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di seluruh Indonesia.

“Inisiasi pembentukan jabatan fungsional pemadam kebakaran dan analis pemadam kebakaran serta pengakomodiran jabatan fungsional tersebut untuk diisi oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi langkah penting dalam upaya tersebut,”. tambahnya.

Ditambahknnya, pentingnya penguatan aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan juga tercermin dalam peningkatan kapasitas melalui pendidikan dan pelatihan.

“Hingga saat ini ribuan aparatur telah mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam lembaga lainnya,” tambahnya.

Dalam apel tersebut dilaksanakan pembacaan sejarah singkat DAMKAR.
Apel gabungan ini diikuti pejabat eselon II, III, IV, pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan administrasi kedalam jabatan fungsional dan karyawan/karyawati lingkup Pemkab Banjar.

Reporter : Rif’ah
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Warga Binaan Dilapas Narkotika, Dibekali Pelatihan Budidaya Ikan

Radio Suara Banjar

Bank Kalsel Martapura Vaksin Karyawan dan Masyarakat

Radio Suara Banjar

Ikuti Webinar Literasi Digital, Indonesia Makin Cakap Digital

Radio Suara Banjar