Jambore Kader PAUD, Ratusan Guru Senam Bersama  

46

MARTAPURA,- Ratusan guru PAUD se Kabupaten Banjar ikuti Kegiatan Jambore Kader PAUD Tahun 2023, yakni Senam Sekolah Sehat dan Senam Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan bersama Bunda PAUD Kabupaten Banjar, di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Jumat (24/11/2023) pagi.

Raut wajah bahagia terpancar saat mengikuti gerakan Senam Pororo dan Penguin, yang sering diragakan di sekolah-sekolah PAUD.

Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas mengatakan, senam transisi PAUD ke SD yang menyenangkan adalah program Pemerintah Pusat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan episode ke 24 merdeka belajar untuk disosialisasikan.


” Kegiatan ini bisa difasilitasi kembali oleh pemerintah daerah dan seluruh guru PAUD antusias dan senang, semoga bisa menyukseskan gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ucap Ibu Gita sapaan akrabnya.

Menurutnya, sekarang yang perlu penguatan adalah peran guru di Sekolah Dasar (SD) ditingkatan bawah yaitu kelas 1 dan 2 metode belajarnya masih klasikal.

“Jadi kalau bisa anak-anak SD kelas 1 dan 2 metode belajarnya masih seperti anak TK belajarnya menyenangkan tidak menyeramkan dan konsepnya belajar sambil bermain,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny mengatakan, senam ini diikuti 870 kader PAUD dari seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar.

“Senam ini sebagai ajang silaturrahmi mengumpulkan kader PAUD supaya bisa menjalin interaksi, kerjasama dan saling kenal sehingga tumbuh rasa kebersamaan untuk bersama-sama meningkatkan kualitas PAUD yang lebih baik di Kabupaten Banjar,” ucapnya.


Diakhir acara juga dilakukan pembagian sejumlah doorfrize oleh Bunda PAUD Kabupaten Banjar kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan dan bisa berpantun.

Reporter : Rif’ah
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra