Karhutla di Mali Mali, Tim Gabungan Mundur Terkendala Angin  

58

 

KARANG INTAN,- Kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita pimpin langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Mali Mali Kecamatan Karang Intan, Selasa (26/9/2023) siang.

Tim gabungan harus menyambung beberapa rol selang untuk menuju titik api melalui kebun karet milik warga.

Proses pemadaman api yang membakar semak belukar tersebut terkendala dengan kencangnya tiupan angin. Tim gabungan juga dibuat tidak betah berada dilokasi, lantaran angin yang bertiup berubah arah, hingga menyebabkan kepulan asap tebal menutup pandangan. Selain bertahan di lokasi dengan kondisi tiarap untuk bernapas, sejumlah personel juga ada yang lari keluar ke tepi jalan.

” Mundur mundur jangan bertahan,” teriak Joko salah satu personel dari EBR.


Kalak BPBD Banjar Warsita mengatakan, tim gabungan harus menunda pemadaman lantaran arah angin yang selalu berubah. Kondisi demikian dikhawatirkan akan berakibat patal jika dipaksakan.

” Kita khawatir nanti ada yang terjebak, dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jadi kita mundur dulu. Nanti kalau anginnya sudah memungkinkan kita coba lagi,” ucapnya.

Tepat pukul 17.00 Wita, tim gabungan kembali mencoba untuk memadamkan api, namun hingga senja hari api semakin menjadi hingga ke tepi jalan melewati kebun karet milik warga.

Penaganan berakhir pukul 19.50 Wita dengan vegetasi yang terbakar semak belukar, pepohonan dan kebun karet dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 10 hektare.

Reporter : Bagus
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra