DKISP Banjar Bentuk Forum Satu Data

58

MARTAPURA,- Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Statistik dan Persandian menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Banjar, di Aula Barakat Setda Banjar, Rabu (27/9/2023) pagi.

 

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith menjelaskan, DKISP Banjar telah membentuk dan memberikan sosialisasi kepada para SKPD dan kecamatan untuk pembuatan data.

“Pada hari ini kita bentuk forum karena perlu wadah untuk kawan-kawan bisa bekerjasama, sementara ini kita minta mereka untuk memasukkan data dan naik lagi tingkat mereka yang sudah kami bimbing bisa memahami data yang dibuatnya dan penyajiannya realtime update terus tiap hari,” jelasnya.

Menurutnya, pimpinan bisa mengambil keputusan setiap saat, apabila data yang diberikan kurang tepat, akibatnya pimpinan juga salah dalam mengambil kebijakan.

 

Basith berharap peserta yang mengikuti Rakoor dan pembuat data dari masing-masing SKPD maupun kecamatan dapat memahami dan sepenuh hati membuat data.

“Ini merupakan salah satu amal jariyah karena pimpinan mengambil keputusan apabila ada data yang mereka buat, mereka ikut serta dalam mengambil keputusan, dan mudah-mudahan ini menjadi pahala bagi kita semua, saya harapkan kawan-kawan dapat bekerja dengan semangat,” harapnya.

Acara ini diisi dengan pemaparan materi dari narasumber, dialog dan tanya jawab yang dipandu oleh Moderator Kabid Statistik dan Persandian Roro Dian Parwatisari.

 

Adapun narasumber adalah Najwa dauli dari BPS Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan tentang peran BPS dalam Pembinaan Data Statistik Sektoral untuk Mendukung Satu Data Indonesia, dan Muhammad Kharis Elyani dari Diskominfo Provinsi Kalsel mengenai Urgensi Satu Data Indonesia dalam Perencanaan Pembangunan Daerah.

 

 

Reporter : Rif’ah

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra