Berita

Karhutla di Sungai Rangas Hambuku dan Bincau, BPBD Turunkan Tim  

MARTAPURA,- Tim Gabungan Posko Terpadu Penanganan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Banjar kembali memantau adanya titik api di Desa Sungai Rangas Hambuku, Kecamatan Martapura Barat, Senin (7/8/2023).

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bersama Polsek, Koramil, dan Kecamatan langsung ke lokasi untuk melakukan penanganan.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita, Penanganan di lapangan dibantu juga BPBD Provinsi Kalimantan Selatan (Personil Satgas Udara/Heli WB). Terlihat api meluas ke bagian tengah, sementara di lokasi tidak ada sumber air. Angin bertiup cukup kencang, serts dan tidak ada akses roda 4 untuk mendekati lokasi titik api.

“Titik api berhasil dipadamkan dengan luasan lahan terbakar sekitar 3 hektare dengan vegetasi yang terbakar semak belukar dan bindrang,” terang Warsita.


Dilokasi lainnya, terpantau secara virtual sejak pukul 21.00 Wita, terdapat titik api di Desa Bincau tepatnya di belakang kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Senin (7/8/2023) malam

Titik api tersebut diketahui Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banjar berawal dari tercium bau dan asap yang membumbung tinggi.

Mengetahui adanya titik api tim di posko Gabungan bersama TRC langsung ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Pemadaman dilakukan oleh tim menggunakan satu unit mobil pick up, mesin alkon, membawa dua roll selang dan kepyok.

Api berhasil dipadamkan sekitar 40 menit penanganan. Vegetasi yang terbakar adalah semak belukar dan luasan lahan yang terbakar sekitar 0,01 hektare.

Reporter : Tim
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

PKK Kabupaten Banjar Wakili Kalsel Ikuti Lomba Parade Budaya Nusantara

Radio Suara Banjar

TP PKK Banjar Salurkan Bantuan dan Hibur Pengungsi

Radio Suara Banjar

Bupati Banjar Buka Pembinaan Tata Kelola ASN

Radio Suara Banjar