Karhutla di Tiga Desa, 13 Hektare Lebih Semak Belukar Hangus  

54

MARTAPURA,- Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Sabtu (7/10/2023) siang harus berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang membakar semak belukar dan pepohonan di Desa Cindai Alus Kecamatan Martapura.

Tim gabungan terdiri dari BPBD Banjar, DPKP, Polisi, PMI, RAPI dan EBR lakukan penanganan sejak pukul 12.00 tersebut berakhir pada pukul 16.30 Wita. Sementara luasan lahan yang terbakar di lokasi tersebut sekitar 10 hektare.

Pada waktu bersamaan di Kecamatan Martapura Barat, karhutla juga terjadi, tepatnya di Desa Penggalaman RT 02. Api juga membakar vegetasi semak belukar.

” Yang siaga di posko ada 8 personel dari tim gabungan langsung melakukan penanganan disana, dari BPBD, TNI, Polri, Tagana dan relawan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita.

Untuk luasan lahan yang hangus terbakar lanjut Warsita sekitar 1 hektare setelah penanganan yang dilakukan oleh tim setengah jam lebih.

Sementara di Desa Kayu Bawang tepatnya ditepi Jalan Gubernur Subarjo Kecamatan Gambut, karhutla juga terjadi dua lokasi. Api yang membakar semak belukar di lokasi pertama sekitar 150 M² dan 2 hektare di lokasi kedua.

Reporter : Paris
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra