Karhutla Kembali Terjadi di Ambubun Jaya, 25 Hektare Lahan Terbakar  

34

SUNGAI TABUK,- Setelah terbakar pada Minggu (10/9/2023) kemarin, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Desa Ambubun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar pada Senin (11/9/2023) siang.

Tim gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Tagana, TNI, Polri, Kejari, PMI, EBR, RAPI dan sejumlah Barisan Pemadam Kebakaran swasta lakukan penanganan kobaran api yang membakar vegetasi semak belukar dan pepohonan tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita juga nampak dilokasi melakukan pembasahan pada lahan yang mudah terbakar tersebut dengan peralatan yang sudah disiapkan. Tim gabungan dilengkapi dengan sarana 3 unit mobil pick up, 1 unit mobil tanki, 4 mesin alkon darat, 1 mesin alkon apung dan 11 rol selang.

Penanganan karhutla di Desa Ambubun Jaya ini berlangsung begitu lama lantaran kobaran api menyebar luas akibat tiupan angin.

“ Untuk penanganan di Ambubun Jaya ini, dilakukan oleh tim gabungan sejak pukul 10.30 hingga 16.30 sore, api terus menyala dari luar menuju ketengah,” ucap Warsita.
tatus api : api dari luar ke tengah

Sementara terkait luasan lahan yang terbakar dan berhasil ditangani hingga 6 jam penanganan sekitar 25 hektare.

Reporter : Andri
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra