Kasdam VI Mulawarwan Tinjau Progres Pembangunan TMMD

192

MARTAPURA,- Ratusan pelajar dan warga Desa Benua Riam sambut kedatangan Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI Mulawarman, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, saat
meninjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 oleh Kodim 1006 Banjar.

Ibnu Bintang disambut dengan tarian zapin melayu, kemudian melakukan pelepasan 30.000 bibit ikan Sanggang atau Kelabau, Senin (30/05/2022) siang.

Ibnu Bintang Setiawan mengatakan, dirinya menyempatkan untuk melihat langsung progres pembangunan TMMD Kodim 1006 Banjar di Desa Benua Riam dan Desa Apuai.

Dirinya berharap pembangunan yang dilaksanakan melalui TMMD ini memiliki dampak langsung terhadap masyarakat, yakni mempermudah akses jalan bagi masyarakat terlebih untuk anak sekolah.

Selain itu, ia menekankan agar pembangunan yang dilakukan melalui TMMD ini jangan sampai disalah gunakan.

“Saya lihat sendiri disini tidak ada tambang, takutnya nanti malah dimanfaatkan diluar peruntukannya,” ujarnya.

Ibnu menambahkan, tujuan TMMD sendiri merupakan pembangunan di daerah pelosok guna ditindaklanjuti setelahnya oleh pemerintah daerah.

” TNI melalui TMMD membuka akses pembangunan di desa terpencil dengan harapan selanjutnya akan diteruskan oleh pemerintah daerah, sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Sekda Banjar, HM Hilman mengatakan, pemerintah daerah tentu menyambut baik dengan terselenggaranya TMMD ini.

Menurutnya, TNI Melalui TMMD membuka wilayah terpencil sehingga kedepannya dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah deerah. Lantaran pembangunan infrastruktur yang dilakukan melalui TMMD ini belum bersifat permanen, untuk itu perlu adanya perawatan yang intensif, mengingat dampaknya yang luar biasa untuk warga.

” Sehingga kedepan pemda memiliki landasan dasar untuk melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan oleh TNI melalui TMMD,” tutup Sekda.

Diketahui, TMMD oleh Kodim 1006 Banjar melakukan pembangunan pembukaan akses jalan sepanjang 4.000 meter, lapangan voli, pembangunan toilet, bedah rumah, pembangunan 2 buah jembatan dan renovasi mesjid.

Selain melakukan kegiatan fisik berupa pembangunan, TMMD ini juga melakukan kegiatan non fisik berupa penyuluhan terkait budidaya perikanan bekerjasama dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin.

Dalam kunjungannya, Ibnu Bintang didampingi Dandim 1006 Banjar Imam Muchtarom dan unsur Forkopimda Banjar. Sekda Kabupaten Banjar, HM Hilman.

Reporter : Wahyu
Editor : Ronny Lattar