Berita

Rakoor Mingguan Bahas Persiapan Hari Jadi

MARTAPURA,- Bupati Banjar H Saidi Mansyur dalam arahannya mengatakan, dalam rangka persiapan hari jadi Kabupaten Banjar, agar segera melaksanakan keperluan-keperluan terkait pelaksanaanya.

Hal tersebut disampaikannya kepada jajaran saat Rapat Koordinasi (Rakoor) Mingguan, di Aula Barakat, Martapura Senin (30/5/2022) pagi

Dalam persiapan hari jadi, Saidi Mansyur juga menginstruksikan agar tugu-tugu yang ada segera diperbaiki atau diperindah tampilannya. Ia juga memastikan dalam rangkaian hari jadi akan mengundang Habib Syech  untuk menggelar shalawat bersama.

Selain terkait hari jadi, Saidi Mansyur juga meminta laporan mengenai perkembangan pemasangan Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Banjar.

Pemasangan BTS diungkapkan Kabid E-Government Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar Cornelius Kristianto, bahwa BTS telah dapat digunakan di Desa Kalaan dan Desa Pa’au sehingga dapat berkomunikasi melalui salah satu provider.

” Sedangkan di Desa Belangian pada minggu ini diharapkan BTS sudah bisa digunakan, namun di Desa Bunglai Kecamatan Aranio masih ada hambatan pada administrasi tetapi sudah di koordinasikan dengan Camat Aranio agar segera diselesaikan,” ujarnya.

Kristianto menjelaskan di Kecamatan Aranio ada empat Desa yang mendapatkan BTS dengan operator Smartfren, sedangkan operator lain Indosat ada di 22 Desa berada di Kecamatan Sungai Pinang, Paramasan, Sambung Makmur, Karang Intan dan Matraman.

“Untuk posisi BTS tersebut operator Indosat melakukan survei ke lokasi dan koordinasi dengan pihak terkait. Juga akan segera berdiri BTS di Pematang Danau dan Desa Pasiraman di Kecamatan Cintapuri,” jelasnya.

Lanjut Kristianto, untuk Kabupaten Banjar mendapat 30 BTS dari program pemerintah pusat, yang menginginkan sistem jaringan teknologi informasi sampai ke wilayah pedesaan dan wilayah terpencil.

” Secara ekonomis provider ini tidak memperoleh keuntungan karena untuk menyukseskan program pemerintah pusat Merdeka Signal. Daerah diminta untuk berkontribusi dalam hal perizinan termasuk mengenai lahan BTS kalau bisa sebaiknya dihibahkan,” tutupnya.

Pada Rakoor tersebut juga membahas antara lain mengenai kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar yang masih aman dan terkendali, pengelolaan persampahan, tidak adanya kasus PMK pada hewan sapi, dan banjir ROB yang terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Banjar.

Turut hadir pada Rakoor tersebut Sekda Banjar HM Hilman, para Staf Ahli, para Asisten dan para Kepala SKPD Kabupaten Banjar.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar

Terbaru

Raperda Pertanggungjawaban APBD 2019 Disetujui

Radio Suara Banjar

Bupati Banjar Sampaikan Pendapat Akhir APBD TA 2023

Radio Suara Banjar

Forum Anak Kabupaten Banjar Dukung KLA Naik Peringkat Madya

Radio Suara Banjar