Kominfo HSS Belajar Lapor ke DKISP Banjar

239

MARTAPURA,- Dinas Kominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) lakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, di Aula Cakrawala, Selasa (15/3/2022) Pagi.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Sekretaris DKISP Banjar Faisal yang  menjelaskan terkait pengaduan yang dikelola oleh DKISP Banjar, seperti Call Center 112 dan Lapor Manis.

” Misal ada laporan kebakaran, maka operatornya akan meneruskan kepada petugas pemadam kebakaran untuk segera diatasi. Pengaduan Lapor Manis, misal ada laporan mengenai air ledeng mati maka akan diteruskan kepada petugasnya,”  jelas Faisal.

Bardiana Hernani, Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo HSS mengungkapkan tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar terkait pengaduan SP4N Lapor.

“Kami ingin belajar karena Kabupaten Banjar sudah melaksanakan SP4N Lapor dari tahun 2017”, ungkap Bardiana.

Dikatakannya, dari ilmu yang didapat ini akan diterapkan pada Dinas Kominfo HSS.

“Alhamdulillaah banyak mendapat informasi dan ilmu yang mudah-mudahan nantinya akan kami laksanakan di Kabupaten HSS,” harapnya.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik HM Hamdani mengatakan, DKISP Banjar berbagi pengalaman terkait pengelolaan SP4N Lapor Manis di Kabupaten Banjar.

“Kita berbagi pengalaman terkait kegiatan-kegiatan dalam pengelolaan Lapor Manis, bagaimana kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sekolah dan pesantren,” ujar Hamdani.

Ditambahkan, pihaknya bekerja sesuai undang-undang dan membuka ruang untuk masyarakat, membuka tempat pengaduan masyarakat agar mudah dalam menyampaikan keluhan yang masyarakat hadapi.

Hamdani mengungkapkan program yang dijalankan akan dilakukan evaluasi terhadap masyarakat, apakah masyarakat sudah paham tentang keberadaan Lapor dan paham bagaimana cara menyampaikan aduannya.

” Dari evaluasi tersebut maka tahun depan kita bisa membuat program apa saja yang akan dilakukan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kunjungan ini Risma Ria, analis berita admin SP4N LAPOR Diskominfo HSS, Staf IKP DKISP Banjar dan Admin SP4N Lapor Manis DKISP Banjar.

Reporter : Rif'ah
Editor : Ronny Lattar