Berita

KPU Banjar Tetapkan DPT 421.577

BANJARBARU,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 421.577 untuk Pemilu Tahun 2024.

Jumlah DPT tersebut dikatakan Ketua KPU Banjar Muhaimin usai memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan penetapan DPT, di Ballroom Grand Dafam Q Hotel, Banjarbaru, Selasa (20/6/2023).

Muhaimin berharap, adanya data DPT tersebut bisa dijadikan landasan oleh semua pihak dalam mengambil kebijakan.

” Baik penyelenggara, peserta, dan partai politik bisa menjadikan data ini menjadi landasan buat mereka mengambil kebijakan,” ujar Muhaimin.


Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Banjar Divisi Perencanaan Data dan Informasi Muslihan mengatakan, ada perubahan dari Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Semula 422.422 ada pengurangan menjadi 421.577 DPT. Hal tersebut disebabkan adanya yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), mulai dari meninggal dunia, penduduk yang sekolah ke luar negeri dan data pemilih yang ganda.

” Penduduk Kabupaten Banjar yang sekolah ke luar negeri, pada tanggal 14 Februari 2024 mereka memilih diluar negeri, jadi data ditempat kita di TMS kan,” jelas Muslihah.

 

Bagi masyarakat yang belum terdaftar di DPT lanjut Muslihah, masih ada kesempatan menjadi Daftar Pemilih Khusus (DPK). DPK adalah data pemilih yang tidak terdaftar pada DPT tapi memiliki KTP dan pada saat Pemilu bisa datang ke TPS terdekat. Yang bersangkutan bisa dilayani diatas jam 12.00 siang dengan ketersediaan 2 setengah persen surat suara.

Rekapitulasi dan penetapan DPT tersebut dihadiri perwakilan partai politik, Bawaslu, Forkopimda, perwakilan Lapas Anak, Lapas Perempuan, Lapas Narkotika, dan PPK dari 20 kecamatan se Kabupaten Banjar.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Wabup Banjar Hadiri Haul Habib Ahmad bin Abu Bakar Bil Faqih

Radio Suara Banjar

Festival Masak Besar di CBS

Radio Suara Banjar

Sinergitas LPKA Martapura dengan Penegak Hukum, Petugas Lakukan Penggeledahan Ramah Anak

Radio Suara Banjar