Berita

Lolos Seleksi GBN, Pelajar Kabupaten Banjar Bersuara Sopran Melenggang ke Istana Negara  

 

BANJARMASIN,- Risma Uli Malumma Sagala perwakilan asal Kabupaten Banjar yang mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Banua Kalsel keluar sebagai Terbaik III kategori Sopran pada Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel dari 4-6 Juli 2024, di Hotel Nasa Banjarmasin, Jum’at (5/7/2024).

Audisi yang diikuti seluruh kabupaten/kota di tingkat provinsi tersebut dalam rangka persiapan paduan suara GBN tingkat nasional. Para pemenang nantinya akan dikirim ke Istana Negara untuk menjadi salah satu pengisi dalam tim paduan suara GBN tingkat Nasional.


Kabid Kebudayaan Disbudporapar Banjar M Syahid mengucap syukur Kabupaten Banjar bisa menempatkan salah satu siswa berprestasinya sebagai perwakilan anggota paduan suara katagori Sopran (suara tinggi wanita) untuk bergabung dengan seluruh anggota padus terpilih lainnya dari seluruh provinsi se-Indonesia di Istana Negara dalam rangkaian HUT RI mendatang.

“Risma bersama 3 rekan seperjuangannya, yaitu Alin kategori suara alto, Zikri kategori suara bass dan Vikrom kategori tenor patut kita beri apresiasi terbaik setelah melalui pelatihan vocal intensif oleh 4 pelatih vocal yang ditunjuk dinas dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu selama 75 hari di Disbudporapar,” ujarnya.

Keempat wakil Kabupaten Banjar tersebut lanjut Syahid, sudah berusaha keras, namun tahun ini hanya Risma yang beruntung terpilih berdasarkan penilaian 5 juri dari Disdikbud Provinsi Kalsel. Menurutnya, seleksi GBN ini merupakan agenda rutin tahunan yang berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

“Target kami tahun depan adalah menyabet ke-4 kategori suara tersebut melalui intensifitas  pembinaan dan pelatihan siswa. Jika memungkinkan kita akan mmbuat seleksi Pra GBN, sehingga waktu pelatihan bisa lebih lama dan kualitas siswa menjadi lebih baik,” tambahnya.

Syahid menyebut pelatihan vocal tidak bisa instant, tetapi harus melalui tahapan teori dan praktek yang lebih komprehensif, sehingga siswa bisa lebih berkualitas dan dijamin mampu memenuhi standart.


Sementara siswa terpilih Risma mengaku tahapan yang dilaluinya dimulai dari seleksi tingkat kabupaten, dimana dirinya lolos sebagai perwakilan sopran.

“Selama satu bulan saya mendapat pelatihan intensif dari para pelatih di Disbudporapar Kabupaten Banjar, dilanjutkan seleksi tingkat provinsi yang dimana pada akhirnya saya dipercayakan untuk mewakili provinsi Kalimantan Selatan sebagai suara Sopran dalam Padus GBN 2024,” pungkasnya.

 

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Perda Fasilitasi Pesantren, begini komentar Guru Muhari Ponpes RMA

Radio Suara Banjar

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pasar Batuah Martapura  

Radio Suara Banjar

Jelang Nataru DKUMPP Periksa Alat Ukur di Tiga SPBU COCO

Radio Suara Banjar