Pemkab Banjar Terima Penghargaan ILP dari Kemenkes RI

135

JAKARTA,- Pemerintah Kabupaten Banjar menerima penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI, Tak lain penghargaan itu ditujukan kepada Bupati Banjar H Saidi Mansyur atas dukungan dalam pelaksanaan ILP sejak 2022.

 

Penghargaan tersebut diterima langsung Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, saat menghadiri Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, di Grand Ballroom Jiexpo Convention Centre dan Theatre. Arena Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023) siang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi kepada 9 (sembilan) kabupaten/kota se-Indonesia yang sudah menerapkan ILP sehingga layanan kepada masyarakat di daerah dapat lebih maksimal.

“ Kesehatan penting, memastikan kita memiliki taraf intelektual agar menjadi produktif,” ujar Budi.

 

Budi juga berpesan kepada semua kepala daerah agar memahami konsep Puskesmas. Jangan menjadikan Puskesmas sebagai rumah sakit, karena Puskesmas untuk menjaga orang sehat, sementara rumah sakit menyembuhkan orang yang sakit.

” Tolong Dinas Kesehatan di daerah agar dingatkan kembali filosofi tersebut. Semua kader Posyandu juga harus bisa mengedukasi sebagai bagian promosi kepada masyarakat, tugas Posyandu bikin event setiap bulan sekali datang ke rumah warga untuk mengedukasi keluarga agar berprilaku hidup sehat,” pintanya.

 

Sementara itu, Wabup Banjar Habib Idrus ucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang sudah bekerja keras sehingga mendapat penghargaan ILP tersebut.

“ Semoga amal kebaikan ini menjadi motivasi untuk lebih baik lagi demi kemajuan Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis),” harap Habib Idrus.

 

Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina menambahkan, sangat mengapresiasi seluruh jajarannya terutama UPTD Puskesmas.

“Terima kasih kepada seluruh tim puskesmas dan dukungan penuh dari Bupati Banjar H Saidi Mansyur, ini bukti kongkret dari pemerintah daerah sehingga Dinkes melalui UPTD nya mampu mempersembahkan yang terbaik untuk Kabupaten Banjar,” tutup Yasna.

 

9 daerah penerima penghargaan ILP dari Kemkes RI yaitu Kabupaten Garut, Timor Tengah Selatan, Ogan Ilir, Banjar, Sumbawa Barat, Maros, Keerom, Kota Surabaya dan Kota Tual.

 

 

Reporter : Andri

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra