Karhutla Kembali Terjadi, Hari Ini di Lima Desa  

41

MARTAPURA,- Pada waktu yang hampir bersamaan tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, lakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di 5 (lima) lokasi berbeda, Kamis (31/8/2023) siang.

Lima lokasi berbeda dimaksud masing-masing Desa Cintapuri RT 01 Kecamatan Cintapuri Darussalam, Sungai Rangas Hambuku dan Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, serta Desa Cindai Alus dan Indrasari Kecamatan Martapura.

Di lima desa tersebut tim gabungan terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, TNI/Polri, RAPI, EBR, BPK swasta, relawan kecamatan serta warga setempat berupaya memadamkan api dengan peralatan yang disiapkan. Tim gabungan bahu membahu melakukan pemadaman guna meminimalisir luasan lahan yang terbakar.

Proses penanganan karhutla yang membakar semak belukar, ilalang dan pepohonan tersebut berhasil dipadamkan oleh tim dengan waktu 1 hingga 3 jam lebih penanganan.

” Alhamdulillah di lima lokasi karhutla bisa diatasi oleh tim gabungan, status api sudah padam,” ucap Warsita Kepala Pelaksana BPBD Banjar.

Warsita merinci, untuk luasan lahan yang terbakar di Cintapuri 1,5 hektare, Sungai Rangas Hambuku 0,3 hektare, Sungai Batang 2 hektare, Cindai Alus 2 hektare dan Indrasari 0,5 hektare.

Ia juga sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan karhutla dan kekeringan, mulai dari tim gabungan hingga warga setempat.

 

Reporter : Andri
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra