Managemen Keselamatan Kebakaran Gedung Disosialisasikan

360

GAMBUT,- Mewakili Bupati Banjar, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Rakhmad Dhani membuka rapat koordinasi Inspeksi dan Sosialisasi Penerapan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) se-Kabupaten Banjar, yang digelar di Aston Banua Hotel Convention Center Lantai 25, Gambut, Kamis (3/11/2022) pagi.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Banjar menyambut baik rakoor ini, dimana para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai materi MKKG dan berdiskusi dengan narasumber.

” Peserta dapat mempraktikkan simulasi terkait menghadapi kondisi bahaya darurat kebakaran pada bangunan gedung,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pada saat ini pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banjar semakin pesat dan tentu dibarengi dengan padatnya bangunan gedung. Baik itu gedung hunian, keagamaan, usaha, sosial dan budaya serta gedung dengan fungsi khusus lainnya.

Hal tersebut menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) untuk melakukan upaya-upaya dalam rangka pencegahan terjadinya risiko bahaya kebakaran.

“Setiap gedung perkantoran dan tempat usaha yang memiliki karyawan tentu harus memiliki MKKG yang bertujuan untuk keselamatan para penghuni dari kebakaran dengan upaya kesiapan instalasi proteksi kebakaran,” jelas Rakhmad Dhani.

Sementara itu Kabid Pencegahan DPKP Banjar Eddy Elminsyah Jaya mengungkapkan, kegiatan rakoor yang pertama dilakukan oleh pihaknya untuk perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Banjar. Kegiatan juga menyampaikan hasil-hasil temuan di lapangan agar bangunan gedung itu memiliki sarana dan prasarana kebakaran.

” Sarana prasarana seperti APAR, Sprinkler, Smoke Detektor atau Heat Detektor dan Main Control Fire Alarm agar berfungsi dengan baik,” rinci Eddy.

Eddy berharap bangunan gedung yang bernilai strategis di Kabupaten Banjar sudah memiliki sertifikat laik proteksi kebakaran untuk mencegah dan siap siaga ketika terjadi kebakaran.

” Kesiapsiagaan tersebut dengan peralatan pemadam kebakaran yang sudah siap ditempat dan berfungsi dengan baik, serta Tim MKKG terampil dan mengetahui Standar Operasional Prosedur (SOP) ketika terjadi kebakaran,” harapnya.

Peserta rakoor sebanyak 60 orang dari perusahaan, hotel dan rumah sakit di Kabupaten Banjar yang memiliki bangunan gedung.

Dikesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis Sertifikat Laik Proteksi Kebakaran oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik kepada Perwakilan PT Hero atau Bangunan Gedung Giant Kertak Hanyar,  didampingi Kepala DPKP Banjar Rahmat Kartolo dan Kabid Pencegahan Eddy Elminsyah Jaya.

Reporter  Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar