Menteri Pertanian RI Berikan Bantuan ke Kabupaten Banjar

640

MARTAPURA,- Bupati Banjar H. Khalilurrahman menyambut kunjungan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan di Pos Komando Penanganan Tanggap Darurat Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor Kabupaten Banjar di Halaman Kantor Bupati Banjar, Rabu, ( 10/02 ) siang.

Dalam kunjungannya, Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan dari Presiden RI untuk korban terdampak banjir yang diterima oleh Bupati Banjar. Kemudian penyerahan bantuan benih padi secara simbolis dari Kementerian Pertanian untuk pemulihan lahan sawah petani yang terdampak banjir seluas 50.000 hektar dengan volume 1.100 Ton bibit varietas unggul, bantuan kemanusiaan berupa sembako, perlengkapan lainnya serta 30.000 ekor bebek.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, recovery pasca banjir biasanya dilaksanakan dalam 200-300 hari sebelum agenda pemulihan selanjutnya.

“Para Dirjen menanggapi ini, menyelamatkan produktivitas, dengan sistem teknologi, agenda temporary ini biasanya 200-300 hari. Kita sama-sama, saya kira 50.000 hektar yang kita kasih ini segera di manfaatkan, ya Pak Bupati” ujarnya.

Mentan juga memerintahkan kepada para Dirjen untuk mengasistensi dan melakukan peninjauan yang akan dimonitornya. Menurutnya, Kalimantan selatan bagi Kementan adalah bagian dari prioritas,.

“ oleh karena itu yang paling penting tidak ada yang lemah, yang ada kita makin normatif, obyektif” tambahnya.

Sementara itu Bupati Banjar H.Khalilurrahman mengimbau masyarakat untuk bangkit kembali dan tidak meratapi musibah banjir ini terus menerus.

“Kunjungan dari Menteri Pertanian RI, beliau memberikan bantuan kepada daerah-daerah pertanian yang terdampak banjir, kita ada beberapa kecamatan, lahan-lahan pertanian, padi banyak yang terendam, mudah-mudahan ini cepat dipulihkan, setelah datangnya Menteri Pertanian ke daerah kita, kita bisa bangkit kembali, jangan meratapi banjir terus” imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Banjar juga menyerahkan cinderamata berupa koran mini kepada Mentan RI Syahrul Yasin Limpo.

Reporter : Inka Regina
Editor : Ronny Lattar