Modal KURMA MANIS Hari Ini Disalurkan ke 13 UMKM

306

MARTAPURA,– Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Martapura Banjar Sejahtera bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, kembali mengucurkan dana pinjaman modal hingga puluhan juta rupiah kepada 13 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Martapura, Senin (26/9/2022).

Direktur Utama BPR Martapura Banjar Sejahtera Ari Rosadi mengatakan, persetujuan pinjaman modal dari program KURMA MANIS (Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju Mandiri Agamis) ini harus mendapatkan rekomendasi dari dinas terkait terlebih dahulu. Seperti, Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar.

13 pelaku UMKM yang mendapatkan modal hari ini mencapai 60 juta rupiah, dengan tenor pinjaman paling lama 1 tahun.

“Kali ini, ada 13 pelaku UMKM dengan total pinjaman modal yang disalurkan kepada mereka sebesar Rp.60 juta,” rincinya.

Ari menjelaskan, jika nasabah sebelumnya telah melunasi pinjamannya (setelah 1 tahun), bisa mengajukan kembali pinjaman modal tersebut.

” Namun apabila yang bersangkutan tidak bisa membayar dengan waktu yang sudah ditentukan, pihak BPR akan berikan toleransi waktu lagi,” ungkapnya.

Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati menjelaskan, inovasi yang diluncurkan oleh Bupati Banjar ini sangat membantu para pelaku UMKM.

“Tentu saja pelaku UMKM sangat terbantu, apa lagi dengan bunga nol persen dan tanpa jaminan. Hingga saat ini saja dana yang dikucurkan oleh program KURMA MANIS dengan total Rp.923 juta, sudah dimanfaatkan 174 nasabah di Kabupaten Banjar untuk mengembangkan usahanya,” jelasnya.

Adanya program KURMA MANIS ini pun, mendapatkan respon positif oleh pelaku UMKM di Kabupaten Banjar, salah satunya Hamidi.

Ia mengungkapkan, program tersebut sangat membantu pelaku UMKM di tengah kondisi harga BBM naik, lalu ditambah beberapa sembako juga turut mengalami kenaikan.

“Sangat terbantu sekali, apalagi tidak membebani pelaku usaha menengah ke bawah dengan bunga nol persen dan tidak melanggar ketentuan agama,” ujarnya.

Hamidi pun menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Banjar melalui Bupati Banjar yang telah memberikan inovasi seperti program KURMA MANIS.

“Terima kasih kepada Bupati Banjar,  berharap kedepannya dana pinjaman saya bisa naik lagi dari ini,” harapnya.

Perlu diketahui, dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) & G20 sehingga diperlukan program literasi dan inklusi keuangan yang dikenal dengan sebutan BIK (Bulan Inklusi Keuangan) Tahu  2022, maka BPR Martapura Banjar Sejahtera turut berpartisipasi dengan membuka akses keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat dengan menjalankan pinjaman jenis produk KURMA MANIS sebagai program dari Bupati Banjar.

Reporter : Ronny