Murung Kenanga Tergenang

224

MARTAPURA,- Intensitas hujan yang cukup tinggi dalam seminggu terakhir, kembali menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Banjar.

Tak terkecuali Desa Murung Kenanga yang memang menjadi langganan banjir, baik  tahunan maupun ketika intensitas hujan tinggi saat ini, karena meluapnya sungai Martapura. Ketinggian air bervariasi, baik dihalaman maupun masuk kedalam rumah hingga mata kaki.

Sopiah, salah satu warga setempat menuturkan, rumahnya acapkali tergenang banjir, dan harus siaga untuk menyelamatkan perabotan rumah tangga agar tidak terendam, termasuk ekstra perhatian dengan arus pendek listrik yang ada agar tidak terendam.

” Dalam setahun sampai lima kali terendam,” ucapnya.

Sopiah mengakui bangunan rumahnya memang berlokasi di dataran rendah, sehingga lebih awal terendam dibanding rumah warga lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, sebagian Desa ini masih terendam banjir, terlebih masih terjadinya hujan tidak menutup kemungkinan debit air meningkat.

Terkait cuaca yang tidak menentu saat ini, Kepala pelaksana BPBD Banjar Ahmad Solhan beberapa waktu lalu mengimbau agar masyarakat waspada. Karena hujan dan angin kencang masih berkemungkinan terjadi di Kabupaten Banjar.

Reporter : fahrizal
Editor : Ronny Lattar