Nurgita Tiyas : Lansia Harus Nyaman Tinggal di Kabupaten Banjar

558

MARTAPURA,- Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar peringati Hari Lanjut Usia Nasional ( HLUN ) ke-25 tingkat Kabupaten Banjar tahun 2021, di Auditorium Wisma Sultan Sulaiman, Martapura, Rabu ( 02/06 ) pagi.

Dihadapan 25 orang lanjut usia ( lansia ), Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tiyas mengatakan, bahwa dari para lansia lah lahir generasi selanjutnya, seperti generasi usia dini, generasi remaja sampai generasi dewasa,tanpa ada lansia tidak ada generasi muda.

” Lansia merupakan usia luar biasa dan bukan beban bagi daerah tetapi dapat membuat mereka merasa nyaman tinggal di Kabupaten Banjar, semakin banyak lansia berarti pada daerah tersebut tersedia asupan gizi yang baik dan pelayanan kesehatan yang baik pula” katanya.

Nurgita Tiyas berharap agar selalu memperhatikan aspek kebutuhan para lansia, memeriksa kesehatan lansia secara rutin dengan tulus dan ikhlas dan memberikan fasilitas kesehatan yang baik.

Pada kesempatan tersebut juga Nurgita Tiyas membagikan bingkisan kepada para lansia dan menyempatkan diri untuk meninjau secara langsung ke tempat pemeriksaan lansia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr. Diauddin menjelaskan kegiatan untuk memperingati hari lansia dilaksanakan dengan lebih sederhana dari biasanya karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

” Kita melaksanakan kegiatan pemeriksaan atau screening penyakit tidak menular seperti kadar kolesterol, kadar gula darah, asam urat, timbang badan, tensi darah, juga disediakan vaksinasi Covid 19 untuk lansia yang ingin divaksin dan pemberian buah tangan atau bingkisan juga diberikan kepada lansia yang berhadir,” ujarnya.

Diauddin berharap agar para lansia tetap produktif dan tetap sehat baik fisik maupun mental, sedangkan untuk pelayanan kesehatan sendiri dari dinas kesehatan melalui puskesmas tetap melaksanakan pemeriksaan secara rutin khusus lansia atau Posyandu Lansia.

Selain kegiatan pemeriksaan pada peringatan hari Lansia ini juga dilakukan senam lansia dan senam otak.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar