Pelatihan Wirausaha Pemuda di Kiram Park Dimulai

96

KARANG INTAN,- Pemerintah Kabupaten Banjar berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kabupaten Banjar atas inisiatif dan dedikasinya dalam mengorganisir kegiatan kewirausahaan. Karena sejalan dengan komitmen Pemkab Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) untuk memberdayakan dan meningkatkan potensi wirausaha pemuda.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah saat membuka kegiatan  Workshop Wirausaha Pemuda, di Kiram Park Karang Intan, Kabupaten Banjar, Jumat (8/12/2023) siang.

Dikatakan Ikhwansyah, Pemkab Banjar tidak hanya menyediakan fasilitas dan dukungan untuk pengusaha muda pemula, tetapi juga secara aktif terlibat dalam meningkatkan kapasitas dan keterampilannya.

“Workshop ini sangat berguna, memberikan bekal yang kuat kepada wirausaha muda agar mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” ucapnya.

Pemkab Banjar sangat peduli terhadap perkembangan UMKM, dengan memberikan dukungan penuh dalam upaya mendapatkan legalitas usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi PIRT dan sertifikat halal. Pelatihan ini akan membantu memperkuat posisi UMKM di pasar, seiring dengan tujuan visi misi Kabupaten Banjar untuk memberdayakan, mengembangkan, dan meningkatkan potensi wirausaha pemuda agar mandiri dan berkesinambungan.

 

“Tantangan zaman sekarang tidak bisa diabaikan, terutama dalam menghadapi dinamika dunia digital yang terus berkembang,” tutupnya.

Kepala Bidang Kepemudaan Disbudporapar Banjar Muhari mengatakan, pelatihan tersebut sangat penting untuk diikuti para wirausaha muda untuk semakin kreatif
dalam mengembangkan usahanya. Kepada peserta ia berpesan untuk sungguh-sungguh mengikutinya hingga usai 3 hari.

50 peserta tersebut tidak dilepas begitu saja usai pelatihan, akan tetapi terus dilakukan pembinaan dan dijadikan sebagai anggota FKP serta akan difasilitasi untuk mengembangkan usahanya.

“Salah satunya inovasi Kurma Manis, pinjaman tanpa bunga tersebut bisa mereka manfaatkan untuk menambah permodalan usaha,” pungkas Muhari.

 

Tim
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra