Rampung, RTH Basel Berseri Mataraman Diresmikan  

105

MATARAMAN,- Setelah rampung dikerjakan selama 1 bulan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bawahan Selan (Basel Berseri) di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, diresmikan oleh PT Mitra Agro Semesta (MAS) dan PT Banjar Bumi Persada (BBP), Jum’at (8/12/2023) pagi.

RTH Basel Berseri diresmikan oleh perwakilan dari Mananjemen PT MAS-PT BBP, Imran Rosyadi didampingi Manager PTPN XIII Bambang dan Camat Mataraman Herianto. RTH tersebut cukup menarik karena dilengkapi dengan fasilitas jogging track sepanjang 275 m dan luas 3100 m², area mini cafe, taman bunga serta tempat bermain anak terutama playground.

Perwakilan Manajemen PT MAS-PT BBP, Imran Rosyadi mengaku bersyukur kegiatan berjalan dengan lancar dan berharap RTH tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya, terutama dalam hal edukasi kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Bisa menjadi wadah belajar  untuk lebih peduli lingkungan, setidaknya di lingkungan sekitar.

“Yang kedua terkait aspek ekonomi untuk di desa nanti bisa dikelola dengan Bumdes Makmur Bersama Bawahan Selan, sebagai unit bisnis di desa dengan harapan bisa menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat seperti pengembangan UMKM,”sambungnya.


Disisi lain CSR Specialist PT BBP Nor Qomariyah mengatakan, selain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, RTH juga bisa digunakan oleh semua pihak terutama untuk mendukung lingkungan sekitar menjadi lestari.

“Kita tahu disini banyak sekali area pertambangan sehingga untuk daerah resapan air serta udara bersih untuk ekosistem lingkungan yang lebih baik masih dibutuhkan, maka ini menjadi dukungan dan semangat kita sebagai tanda bahwa alam ini masih bisa kita jaga,”tuturnya.

Menurut Nor, RTH dibangun bertujuan untuk mengembangkan ekonomi hijau berdasarkan kepada lingkungan sekitar agar berkelanjutan dalam jangka waktu lama sebagai perwujudan aspek lingkungan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).


Pembangunan RTH dilakukan oleh PT MAS-PT BBP berkolaborasi dengan beberapa perusahaan disekitar desa seperti PTPN XIII Danau Salak, PT Damai Mitra Cendana (DMC), PT Perintis Bara Bersaudara (PBB), CV Rizki Bintang (RB) dan CV Hirzan Raya (HR).

Peresmian RTH melibatkan stakeholder DPRKPLH, Bappedalitbang, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan dan UPT Puskesmas Kecamatan Mataraman. Selain itu juga ada beberapa private sektor yang turut serta melakukan penanaman bersama, seperti RS Ciputra Mitra Hospital, Bank Kalsel, OJK Regional IX Kalsel, PLN UID Kalselteng dan mitra kerja lainnya yang bergerak di sektor pertambangan.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra