Penggelapan dan Penipuan Dominasi Laporan Masyarakat

226

MARTAPURA,- Kondisi keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Kertak Hanyar dan Tatah Makmur cukup kondusif, hampir tidak ada laporan aksi pencurian dan perkelahian yang masuk ke Polsek Kertak Hanyar.

Hal tersebut di sampaikan Wakapolsek Iptu Khairullah saat talkshow “Halo Polisi” di Radio Suara Banjar, Kamis (29/9/2022) siang.

Hanya saja sepanjang tahun 2022 hingga bulan september ini, kasus penggelapan dan penipuan mendominasi laporan masyarakat.

Menurutnya, giat patroli rutin yang dilakukan oleh para personel polsek menjadi penyebab kegagalan aksi kejahatan tersebut.

” Mungkin dikarenakan patroli rutin, walaupun sebelumnya ada niat tapi niatnya gagal,” ujarnya.

Laporan masyarakat terkait penggelapan dan penipuan yang masuk sudah ditindaklanjuti oleh pihaknya. Sebagian berhasil ditangkap dan sebagian lagi masih dalam proses.

” Kasus ini lebih mudah mencari pelakunya, biasanya karyawan sebuah usaha dimana identitasnya sudah diketahui,” bebernya.

Selain itu talkshow juga membahas tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dijelaskannya, diwilayah Kertak Hanyar dan Tatah Makmur tidak berpotensi terjadi karhutla dimaksud, karena lahan bukan lahan gambut yang mudah terbakar. Terlebih saat ini ketinggian air masih terjadi di persawahan milik petani setempat.

” Banyak petani yang hasil panennya berkurang dari biasanya, bahkan ada yang gagal panen karena terlalu lama rerendam, kita cukup prihatin dengan apa yang dialami petani tersebut,” ucapnya.

Meski tidak berpotensi karhutla, namun pihaknya tetap siaga jika hal tersebut terjadi.

” Kapolsek pak Agung, jika melihat asap saja, langsung perintahkan ayo cek sana. Beliau sangat eksis dan perhatian terhadap bahaya karhutla, tapi setelah kita cek ternyata asap dari pembakaran ban bekas,” ujar  Khairul.

Lebih jauh Khairul meminta kepada masyarakat untuk ikut serta menjaga kamtibmas, karena hal tersebut bukan hanya tanggung jawab aparat kepolisian tapi merupakan tanggung jawab bersama.

” Kepada warga yang ingin bantuan atau ada yang ingin dilaporkan kepada Polsek Kertak Hanyar bisa menghubungi nomor 0821 6011 0110 yang siap 24 jam melayani warga, dan pasti akan direspon,” tutupnya.

Reporter : Ronny
Editor : Ronny Lattar