Penilaian KLA 2023, Kabupaten Banjar Bidik Nindya

126

 

MARTAPURA,- Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah mengatakan, selama tiga tahun berturut turut Kabupaten Banjar mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama. Sementara ditahun 2022 lalu berada ditingkat Madya dengan nilai 628,15.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka rapat koordinasi (rakoor) Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2023, di Aula Barakat Lantai II Martapura, Kamis (16/2/2023) pagi.

Siti Hamidah yang juga Sekretaris Gugus Tugas KLA 2023 berharap, penilaian tahun 2023 ini bisa meraih predikat lebih tinggi yaitu tingkat Nindya.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Merilu Ripner menyebut rakoor merupakan salah satu dari persiapan KLA 2023. Guna menyamakan persepsi dan komitmen untuk bekerja sama dengan stake holder lainnya untuk penginputan KLA 2023.

Untuk penginputan dari Sekretariat Gugus Tugas menyiapkan 14 orang yang akan diturunkan ke SKPD, dunia usaha, lembaga masyarakat dan media massa untuk mengumpulkan data-data.

“Indikator penilaian ada lima kluster, dari KLA ditambah kelembagaan, Desa Kelurahan Layak Anak (Dekela) maupun kelana, masing-masing pertanyaan sebanyak 24 indikator,” tuturnya.

Sementara untuk tahap penginputan evaluasi mandiri lanjut Merilu dimulai dari 8 Februari hingga 23 Maret 2023, dan tahap verifikasi lapangan digelar secara hybrid ataupun offline.

Rakoor menghadirkan narasumber Andrian Anwary Kepala Bidang PHA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel. Dihadiri Forkopimda Banjar, Ketua Pokja I TP PKK Magdalena, Forum Anak dan panitia yang tergabung dalam Gugus Tugas KLA dari berbagai stake holder di wilayah Kabupaten Banjar.

 

 

Reporter : Rifky Zidane 

Editor : Ronny Lattar 

Uploader : Suhendra

Baca Juga:  Bupati Banjar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran