Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Bank Sampah Sekumpul Punya Program Baru

870

MARTAPURA,- Edukasi mengenai peduli sampah dan lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, guna memberikan contoh kepada anak-anak masa depan bangsa. Di mulai dengan tindakan nyata, misalnya memilah dan mengelola sampah. Dalam hal ini Bank Sampah Sekumpul bekerja sama dengan PLN Wilayah Kalselteng menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) 2021 sekaligus Hari Lahir Bank Sampah Sekumpul ke-10, di Bank Sampah Sekumpul Martapura, Sabtu, ( 27/02 ) pagi.

Mengusung tema ” Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi ”. Bupati Banjar yang diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar Ikhwansyah mengapresiasi Bank Sampah Sekumpul yang melaksanakan Peringatan HPSN 2021 sekaligus Harlah Bank Sampah Sekumpul ke-10 dengan kesederhanaan, berkontribusi dengan mengedukasi masyarakat memilah sampah dari rumah dan menabung ke Bank Sampah.

“Bupati Banjar mengapresiasi Bank Sampah Sekumpul ini, kita berharap dengan seperti ini, kita bisa memberikan edukasi, berkembang dan menjadi contoh kepada wilayah yang lain. Pemerintah Daerah mendukung, kita harapkan masyarakat lebih disiplin lagi” ujarnya.

Sementara itu Lurah Sekumpul Gusti Marhusin mengungkapkan, program pilah sampah dari rumah sejauh ini progresnya sudah hampir 80 %.

“Tahun ini kita memprogramkan gerakan pilah sampah dari rumah dan Alhamdulillah progressnya di tahun 2021, bulan ke-2 ini hampir 80% sudah pencapaian, warga tidak lagi membuang sampah di pinggir jalan. Kedepan, ini memerlukan dukungan semua pihak termasuk warga tetangga dari Kelurahan Sekumpul,” jelasnya.

Program dari Bank Sampah Sekumpul selanjutnya yaitu, akan mulai mengelola sampah organik, ditandai dengan peletakan bibit budidaya cacing. Peletakkan bibit budidaya cacing sendiri secara simbolis dilakukan oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar Ikhwansyah, Pejabat PLN Wilayah Kalselteng Suhadi, Plt Camat Martapura Ramli, dan Lurah Sekumpul Gusti Marhusin.

Dalam kesempatan ini juga di umumkan nasabah Bank Sampah Sekumpul terbaik untuk menerima hadiah, sebagai stimulus bagi warga lainnya agar ikut menjadi nasabah. Selain warga Sekumpul, warga dari luar Sekumpul pun diperbolehkan untuk menjadi nasabah dan turut melestarikan budaya pilah sampah dari rumah.

Kegiatan peringatan HPSN 2021 ini, juga dihadiri Lurah Tanjung Rema Darat Syaukani, Lurah Pesayangan Gusti Mardani, Lurah Keraton, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, para petugas serta nasabah Bank Sampah Sekumpul.

Reporter : Inka Regina
Editor : Ronny Lattar