Berita

Perlu Andil Atasan Dalam Permasalahan Sampah di Lingkungan Kerja

MARTAPURA,- Menjadi narasumber dalam program siaran “Bakisah” (bijak kelola sampah) di Radio Suara Banjar, Kamis ( 07/07/2022 ) pagi, Direktur Bank Sampah Sekumpul Martapura Dewi Heldayati mengatakan, pengelolaan sampah di lingkungan kerja sangatlah penting, terutama di luar lingkungan kerja perkantoran.

” Terutama untuk pekerja pedagang/UMKM diperlukan kesadaran penuh karena terlihat beberapa kali banyak dari mereka yang membuang sampah sembarangan atau bukan pada tempatnya,” ungkap Dewi.

Menurutnya, perlu kesabaran ekstra menangani permasalahan sampah pada pedagang apalagi yang berada ditepi jalan.

” Harus didatangi satu-satu dan diberikan edukasi, itupun perlu waktu yang tak singkat karena sudah menjadi kebiasaan, namun jika serius dan sabar maka pasti akan ada solusi dalam pemberian edukasi ini,” ujarnya.

Dewi menambahkan, hal ini juga perlu ditekankan pada lingkungan kerja perkantoran. Selain kesadaran dari pekerja diperlukan juga pengawasan dari atasan kepada bawahan terkait penanganan sampah. Bahkan jika perlu dibuat aturan dan sanksi kepada pekerja yang masih membuang sampah bukan pada tempatnya.

Dijelaskan, hal pertama yang bisa dilakukan dalam mengurangi sampah di lingkungan kerja adalah dengan berusaha dari diri sendiri. Misalnya seperti membawa air minum sendiri dengan tumbler, membawa tempat makan sendiri.

” Kemudian jika ada bekas botol atau kertas bisa dikumpulkan dan bisa ditabung di Bank Sampah Sekumpul,” sarannya.

Dewi berpesan sedari sekarang semua pihak bersama-sama menyadari baik lingkungan perkantoran pemerintah maupun swasta untuk menjaga lingkungan.

” Mengurangi timbunan sampah karena sampah salah satu dampak terjadinya bencana,” tutupnya.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar

Terbaru

BPJS Akan Berikan Kemudahan Masyarakat Menjadi Peserta BP Jamsostek 

Menteri Pertanian RI Berikan Bantuan ke Kabupaten Banjar

Radio Suara Banjar

Bupati Banjar Resmikan Pasar Hewan

Radio Suara Banjar