Ponpes RMA Gelar Seleksi Calon Santri  

97

BANJARBARU,- Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Muta’allimin Annahdliyah (RMA) menggelar Seleksi Calon Peserta Didik Baru (observasi dan wawancara) gelombang pertama santri dan santriwati di pondoknya Jalan Guntung Manggis, Banjarbaru, Minggu, (11/6/2023) pagi.

Pimpinan sekaligus Pengasuh Ponpes RMA Guru Muhari mengatakan, seleksi tersebut merupakan tahapan dari penerimaan santri baru berupa uji kompetensi untuk mengklasifikasikan para santri dan santriwati sebelum mondok dari praktik wudhu, salat dan mengaji.


” Sebanyak 15 santri yang telah mendaftar di gelombang pertama dari target tahun ini 20 santri. Untuk pembukaan seleksi santri gelombang kedua akan dibuka pada 30 Juni hingga 15 Juli 2023,” ungkapnya.

Selain seleksi santri, Guru Muha juga melakukan tes wawancara kepada orang tua calon santri terkait tujuan dan motivasinya dalam memondokkan anaknya. Rina Latifah Yanti salah satu wali santri asal Banjarbaru mengaku tujuan anaknya masuk pondok agar terhindar dari pergaulan bebas dan meminimalisir tantangan digital saat ini seperti gadget atau handphone.

“Karena anak saya sering mengikuti majelis ponpes ini, maka dari itu anak saya mulai tertarik masuk pondok,” ujarnya.


Diketahui, saat ini kurikulum yang ada di Ponpes RMA selain MI dan Aliyah juga ada kurikulum umum yakni MTS atau setingkat SMP dengan beberapa extrakurikuler seperti kaligrafi, jurnalistik, tilawah, pencak silat dan pelatihan-pelatihan lainnya yang tentunya berguna untuk para santri dan santriwati.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra